49 Unbeaten, “The Invincibles” Arsenal

Arsenal mencatat rekor 49 pertandingan liga papan atas berturut-turut tanpa terkalahkan dari Mei 2003 hingga Oktober 2004, memecahkan rekor Nottingham Forest sebelumnya yaitu 42 yang ditetapkan antara November 1977 dan November 1978.

Perjalanan dimulai pada pekan ke-37 musim 2002-03 (07-05-2003) saat Arsenal berhasil mengalahkan southampton 6-1 di highbury, dan harus berakhir pada pekan ke-10 musim 2004-05 di Old Trafford dengan gol penalti yang berbau kontroversi membuat Manchester United menang 2-0 pada 24 oktober 2004.

The Invincibles

Memulai musim 2003/2004 materi pemain Arsenal tak dominan dibandingkan Chelsea yang tengah membangun dinasti baru bersama Roman Abramovich dan Manchester United yang merupakan juara bertahan memiliki skuat yang tak kalah hebat ditambah kedatangan pemuda bernama Cristiano Ronaldo.

Tercatat Arsenal hanya melakukan 2 pembelian besar pada sosok
Jens Lehman (dari Dortmund) dan Jose Antonio Reyes (dari Sevilla). Selebihnya ada pembelian pemain muda seperti Gael Clichy, Cech Fabregas, dan Robin van Persie.

Meski begitu Arsenal mampu tampil memukau musim itu. Jens Lehman mampu mengisi posisi kiper menggantikan David Seaman yang pindah ke Manchester City. Kedatangan Reyes dipertengahan musim dan para pemain muda juga menambah bagus kedalaman skuat Arsenal.

Di perjalanan yang luar biasa ini, Arsenal juga mencatatkan rekor satu musim liga primer Inggris tanpa kekalahan dengan catatan 26 menang, 12 imbang dan 0 kalah. Catatan yang membuatnya dikenal dengan sebutan “The Invincibles” Arsenal dan menjadi satu-satunya tim Inggris yang memiliki trofi emas premiere league.

Catatan ini menyamai prestasi Preston North End yang melalui musim liga papan atas Inggris tanpa terkalahkan pada musim 1888-89. Bedanya Preston North End saat itu hanya memainkan 22 pertandingan dibanding Arsenal dengan 38 pertandingan.

Preston North End 1888-89
Arsenal 2003-04

Di akhir musim pemain dan manager Arsenal juga berhasil meraih penghargaan individu seperti top goalscorer, player of the season, manager of the season.

Invincibles Arsenal Formation Line Up

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

LeadPress Wordpress Theme By WPBisnis.