Alasan Bisnis Kecil Perlu Mempunyai Website

Selamat datang di zaman digital! Jika kamu memiliki bisnis kecil dan belum memiliki website, kamu akan mendapatkan kejutan yang sangat besar.

Di zaman ini, memiliki website bukan hanya alamat digital saja, tapi juga alat yang sangat kuat yang dapat membuka banyak kesempatan bagi bisnis kecil kamu. Dan mengambil kesempatan-kesempatan ini adalah alasan mengapa bisnis kecil kamu memerlukan website.

Kami akan membahas 15 alasan mengapa bisnis kecil Anda perlu memiliki website – dan percayalah, alasan-alasan ini sangat penting!

Dari memperluas jangkauan hingga meningkatkan kepercayaan, dari meningkatkan keterlibatan pelanggan hingga membuka sumber pendapatan baru, setiap faktor ini memainkan peran kunci dalam membuat bisnis Anda menjadi lebih dikenal di dunia digital.

Siap-siap, kita akan berpetualang di dunia online! Kita akan menjelajahi bagaimana bisnis-bisnis kecil seperti toko roti di sekitar kita, studio fitness yang trendy, atau kantor konsultan yang memberikan saran ahli, dapat memiliki kehadiran online yang kuat.

Siapkan dirimu, ini akan menjadi petualangan yang seru!

Apa Kelebihan Memiliki Website?

Setiap pemilik usaha kecil memerlukan sebuahwebsite karena kehadiran online sangat penting di zaman digital seperti sekarang ini.

Dengan memiliki situs web, kamu dapat:

1. Website membuat bisnis lebih dikenal di daerah lokal.

Siapa yang mencari bisnis kamu? Mungkin ada seseorang di sekitar kamu yang sedang mencari bisnis seperti kamu. Penelitian baru-baru ini menunjukkan bahwa 93% orang-orang menggunakan internet untuk mencari bisnis lokal dalam setahun terakhir. Dan tahukah kamu, 34% dari mereka mencari setiap hari, dan 73% mencari setiap minggu!

Kamu punya toko yang sangat bagus dan ramai. Tapi, itu saja belum cukup. Kamu ingin pelanggan baru dan lama menemukan kamu, kan? Itu sebabnya kamu perlu memiliki website. Website itu seperti papan neon besar yang berkedip-kedip dan berkata ‘Kami ada di sini!’ tapi di dunia digital. Dan itu salah satu alasan terbesar mengapa bisnis kamu perlu memiliki website.

Tidak ingin pelanggan Anda pindah ke kompetitor karena mereka tidak dapat menemukan bisnis Anda di internet, kan? Ouch! Itu adalah pukulan yang tidak ingin dialami oleh bisnis kecil mana pun. Situs web yang bagus dan mudah digunakan, serta dioptimalkan untuk mesin pencari, dapat membantu bisnis kecil Anda berkembang. Bukan hanya meningkatkan penjualan, tapi juga membantu Anda mendapatkan lebih banyak pelanggan!

2. Mempunyai website membantu menjangkau pengunjung dari seluruh dunia!

Ada sesuatu yang sangat ajaib tentang sebuah situs web yang dibuat dengan baik. Itu seperti jantung yang berdetak dari kehadiran online Anda, menarik orang-orang dari semua arah, dari mana saja. Ini adalah tempat yang ingin Anda kunjungi oleh semua orang, dari sudut-sudut internet.

Bayangkan laman web kamu seperti sebuah kedai. Orang-orang berjalan-jalan di depannya, melihat-lihat apa yang ada di dalam. Walaupun mereka tidak membeli apa-apa pada kali pertama, mereka mungkin akan datang lagi, dan kali ini, mereka mungkin akan membeli sesuatu.

Kamu tahu bagaimana orang-orang menemukan bisnis kamu? Mereka bisa menemukannya lewat tweet di Twitter, hasil pencarian di Google, atau rekomendasi dari teman. Atau, mereka melihat iklan yang keren di Instagram dan ingin tahu lebih banyak tentangnya. Lalu, mereka akan pergi ke mana? Ya, ke website kamu! Jika kamu tidak memiliki website, mereka mungkin tidak akan melanjutkan perjalanan untuk belajar lebih tentang bisnis kamu, dan itu tidak bagus.

Situs web itu seperti toko kita yang ada di internet, tempat yang nyaman untuk orang-orang melihat-lihat barang kita tanpa perlu buru-buru. Dan pelanggan yang santai itu adalah pelanggan yang bahagia!

3. Website adalah pusat dari usaha pemasaran

Kamu ingin membuat bisnis kamu lebih baik dengan menggunakan pemasaran digital, kan? Nah, langkah pertama adalah membuat orang-orang datang ke website atau halaman landing kamu. Website kamu itu seperti toko online, dan pemasaran kamu dimulai dan diakhiri di sana. Jadi, kita perlu membuat orang-orang tahu tentang website kita dan membuat mereka ingin datang kesana!

Tempat ini adalah tempat yang sangat penting untuk bisnis kita. Di sini, kita dapat memasukkan semua informasi tentang bisnis kita dan cerita-cerita menarik tentang produk atau jasa kita. Ini adalah tempat yang orang-orang dapat kunjungi untuk belajar tentang bisnis kita.

Lihat trik-trik keren ini:

  • Kamu tahu website itu seperti sebuah toko online, kan? Nah, kamu bisa menggunakan website itu untuk mengarahkan orang ke halaman media sosial kamu. Cukup taruh icon media sosial di website kamu, maka pengunjung bisa langsung klik dan masuk ke halaman kamu.
  • Website kamu juga bisa digunakan untuk mengumpulkan alamat email dari orang-orang yang berminat dengan bisnis kamu. Dengan alamat email itu, kamu bisa mengirimkan berita-berita terbaru, konfirmasi janji, dan penawaran spesial kepada mereka.
  • Iklan pay-per-click (PPC) juga bisa membantu mengarahkan orang ke website kamu. Ketika seseorang mencari kata kunci yang terkait dengan bisnis kamu, maka iklan kamu akan muncul di hasil pencarian.
  • Terakhir, website kamu juga bisa digunakan untuk membuat dan berbagi konten yang sesuai dengan target audiens kamu. Konten itu bisa berupa artikel, gambar, atau video yang menarik dan bermanfaat bagi mereka.

4. Website ibarat “karpet welcome” di dunia digital.

Situs web itu seperti pintu depan rumah Anda. Ketika orang ingin tahu tentang bisnis Anda, mereka akan membuka pintu itu dan melihat apa yang ada di dalamnya.

Situs web dapat memberitahu mereka tentang apa yang Anda tawarkan, membuat mereka merasa senang atau tidak, dan menunjukkan seperti apa bisnis Anda.

Ini adalah kesan pertama mereka tentang bisnis Anda, dan itu sangat penting. Jika mereka suka dengan apa yang mereka lihat, mereka akan ingin tinggal dan belajar lebih lanjut. Tapi jika mereka tidak suka, mereka akan pergi ke tempat lain dan tidak akan kembali lagi.

Ketika kamu membuat sebuah website yang menarik, kuncinya adalah memuatnya dengan informasi yang berguna sehingga orang-orang dapat belajar tentang apa yang kamu lakukan dan apa yang membuatmu unik. Jelaskan dengan jelas tentang kelebihan dan sentuhan-sentuhan khusus yang membuat bisnismu berbeda. Dengan menawarkan konten yang informatif, kamu sedang menunjukkan bahwa kamu adalah ahli di bidangmu, membangun kepercayaan dan kredibilitas sejak awal.

Jangan lupa tentang pengalaman pengguna! Ini sangat penting jika kamu ingin pengunjung tetap betah di situs webmu. Pastikan situs webmu terlihat keren, mudah dijelajahi, dan berfungsi dengan baik di berbagai gadget seperti komputer, tablet, atau ponsel.

5. Tanda kredibelitas untuk bisnis

Salah satu alasan mengapa bisnis perlu memiliki website adalah karena bisa membuat terlihat lebih kredibel. Mungkin ada banyak orang lain yang menawarkan jasa yang sama dengan kamu. Dengan memiliki website yang bagus dan memberikan informasi yang baik, kamu dapat berbeda dari yang lain.

Website juga menjadi tempat yang tepat untuk memamerkan penghargaan atau sertifikat yang kamu peroleh. Selain itu juga bisa dijadikan tempat untuk menunjukkan review dan testimoni dari pelanggan sebelumnya!

Dan masih ada lagi. Dengan memiliki website, kamu dapat membuat alamat email yang profesional (contohnya [email protected]). Itu membuat email terlihat lebih profesional, terutama jika kamu masih menggunakan email pribadi (seperti .gmail atau .outlook) untuk bisnis.

Beberapa alat email marketing juga tidak lagi menerima alamat email pribadi. Jadi, jika ingin menggunakan email marketing, kamu memerlukan akun email bisnis.

6. Membuat bisnis terlihat di dunia digital – internet.

Mengapa bisnis perlu memiliki website? Itu sangat sederhana. Saat ini, kita hidup di dunia maya dengan lebih dari 5 milyar orang yang menggunakan internet (sampai April 2024). Jika bisnis tidak terlihat ada online, maka bisnis kamu seolah-olah tidak ada.

Bayangkan memiliki toko, tapi tidak ada plang atau tanda di luar toko itu. Bagaimana orang akan tahu bahwa toko kamu ada? Itulah fungsi website bagi bisnis. Website adalah seperti plang atau bendera yang menandai bahwa bisnis kamu ada dan bisa dikunjungi.

Dengan memiliki website, kamu dapat menunjukkan kepada pelanggan potensial bahwa bisnis kamu adalah bisnis yang asli dan dapat dipercaya. Itu seperti mengatakan, “Hey, kami adalah bisnis yang sungguh-sungguh!”.

  • Membuat sebuah website itu seperti memiliki sebuah rumah di internet. Rumah itu membantu pelangganmu untuk menghubungimu. Kamu hanya perlu menulis alamat email, nomor telepon, atau lokasi kantormu di halaman kontak, maka mereka dapat dengan mudah menghubungimu.
  • Rumah itu juga membantu kamu untuk memiliki akun media sosial yang lebih baik. Kamu hanya perlu menghubungkan nama domainmu dengan akun-akun media sosialmu, maka orang-orang akan lebih mudah menemukanmu di internet.
  • Rumah itu juga tempat kamu untuk menceritakan kisahmu sendiri. Sebagai pemilik bisnis kecil, apa yang lebih baik daripada menceritakan kisahmu dengan cara kamu sendiri? Kamu memiliki website, kamu memiliki cerita, dan kamu memiliki pelanggan yang setia!

7. Membuat bisnis memiliki brand voice!

Kenapa bisnis kecil kamu perlu memiliki website?

Bayangkan kamu memiliki ruang sendiri di internet. Itu adalah website kamu! Di sana, kamu dapat menceritakan tentang bisnis kamu, apa yang kamu lakukan, dan siapa kamu.

Tidak perlu lagi orang lain membicarakan bisnis kamu di belakang. Kamu yang memiliki mikrofon, kamu yang menceritakan kisahnya. Dan itu sangat penting untuk bisnis kamu.

Ingin membuat pelanggan kamu terkesan? Tunjukkan kepada mereka apa yang membuat bisnis kamu spesial. Siapa kamu, apa yang kamu percaya, dan apa yang kamu lakukan. Mereka akan merasa terhubung dengan kamu. Dan itu saat mereka akan membuka dompet mereka!

8. Website mampu membantu mencari orang yang tertarik dengan produk atau jasa kita.

Website – itu seperti sebuah harta karun. Ada pelanggan baru, pelanggan lama, dan kemudian ada orang-orang yang mungkin menjadi pelanggan Anda. Situs web Anda dapat mengubah mereka menjadi emas.

Bagaimana? Berikan mereka sesuatu yang mereka inginkan – seperti kupon, buku elektronik gratis, atau kesempatan untuk memenangkan kontes. Tapi, mereka harus memberikan informasi kontak mereka kepada Anda. Dan kemudian, Anda sudah siap bermain!

Dengan cara ini, Anda tidak melepaskan pengunjung yang belum siap beli. Anda merawat, Anda peduli, Anda mengubah mereka menjadi pelanggan masa depan Anda.

Kemudian, Anda dapat terus mengirimkan email kepada mereka dan membuat mereka semakin dekat dengan Anda. Seperti memiliki teman baru, Anda membuat mereka merasa spesial dan ingin membeli dari Anda!

9. Website sebagai tempat pertemuan untuk menghubungkan orang-orang.

Salah satu alasan terkeren mengapa kamu perlu memiliki website adalah karena itu seperti papan nama neon yang berteriak, ‘Hey, hubungi aku!’

Bayangkan kamu memiliki formulir kontak yang mudah ditemukan di website kamu. Di situ, kamu tuliskan nama kamu, alamat email, nomor telepon, dan kapan kamu tersedia.

Berikut beberapa tips profesional untuk membuat website kamu menjadi pusat kontak yang ultimate:

  • Membuat Informasi Kontak Mudah Ditemukan: Buatlah informasi kontak Anda mudah ditemukan oleh pelanggan. Jangan sembunyikan, tapi tunjukkan dengan bangga!
  • Buat Formulir Kontak yang Mudah: Buatlah formulir kontak yang sederhana dan mudah digunakan. Jangan menggunakan kata-kata yang sulit dipahami atau instruksi yang panjang-panjang.
  • Tambahkan Hadiah: Berikan hadiah kepada pelanggan yang menghubungi Anda melalui website. Bisa berupa diskon, hadiah gratis, atau kesempatan untuk melihat produk baru sebelumnya.
  • Balas Cepat: Balaslah pesan pelanggan dengan cepat. Jangan membuat mereka menunggu terlalu lama.
  • Follow-up: Jika pelanggan telah menghubungi Anda, pastikan Anda membalas dan memastikan mereka puas dengan jawaban Anda. Periksa kembali apakah mereka masih membutuhkan bantuan.

10. Website adalah bukti kepuasan pelanggan sebelumnya.

Kamu tahu kenapa bisnis perlu memiliki website? Jawabannya mudah – untuk memperlihatkan kesaksian dari pelanggan yang bahagia! Kesaksian itu seperti bintang emas yang diberikan oleh pelanggan yang puas.

Pengalaman nyata, pelanggan nyata – tidak ada yang lebih asli dari itu. Ketika seseorang membaca ulasan yang bagus di website kamu, mereka akan berpikir “Saya ingin bergabung dengan ini!”

Perlihatkan kesaksian dari berbagai orang dengan latar belakang yang berbeda-beda. Berbeda usia, berbeda pekerjaan – itu membuktikan bahwa apa yang kamu tawarkan sangat berguna dan disukai banyak orang.

Dan ya, selalu minta izin dulu sebelum memperlihatkan kesaksian. Nama, jabatan, perusahaan, foto – semua itu tentang menjaga kepercayaan.

Views: 0

Dapatkan notifikasi ke email kamu setiap kali ada tulisan baru. GRATIS.

[contact-form-7 id="5606ef2" title="Subcription - Side_Bar"]

Leave a Comment

75 - 6 =

Website ini menggunakan theme generatepress premium and layanan hosting di webnesia.co.id.