Alasan Kamu Harus Memulai Bisnis Toko Online

toko online

Tutupnya retail-retal raksasa merupakan salah satu alasan kemu harus memulai bisnis toko online. Glodok yang dulunya adalah pusat toko elektronik di jakarta kini mulai sepi karena banyaknya toko yang sudah tutup disana. Hal ini tidak bisa dipisahkan perilaku masyarakat di Indonesia yang mulai berpindah ke arah online. Hal ini membuat bisnis toko online semakin diuntungkan. Selain itu toko online juga memudahkan pembeli dalam melakukan transaksi.

Berikut beberapa alasan kamu harus memulai bisnis toko online

1. Jangkauan yang luas

Jaringan pemasaran toko offline terbatas pada letak geografisnya. Artinya jangkauan distribusi toko online itu sangat terbatas. Orang yang beli di toko offline biasanya hanya akan pergi ke toko yang dekat dengan tempat tinggal mereka. Bayangakan dalam 1 kota ada berapa pasar, dan jika kamu hanya buka di 1 pasar kamu hanya akan menjangkau orang yang hanya disekitar situ saja.

Dengan toko online kamu akan memiliki jaringan pemasaran yang sangat luas. Dengan internet kamu bisa memasarkan produk ke seluruh muka bumi. Kecuali Korea Utara, karena setahu saya Korea Utara melarang masyarakatnya untuk mengakses informasi dari dunia luar :V.

Jika kamu memiliki pasar yang luas, kesempatan kamu untuk menjual lebih banyak semakin besar.

2. Hemat Biaya

Dalam melakukan promosi toko online, biaya yang dikeluarkan tidak  sebanyak toko offline. Sehingga kamu bisa mendapat untung yang lebih banyak. Selain itu menjalankan bisnis toko online tidak pmemerlukan banyak tempat. Jika kamu sudah mulai stok sendiri cukup menyediakan gudang atau ruang kosong dirumah untuk menyimpan stok barang jualanmu. Jika sudah punya cs kamu tidak perlu membelikan meja kasir, cukup hp dan internet yang lancar cs kamu sudah bisa bekerja dengan baik.

3. Bisa dimulai dengan modal terbatas

Memulai toko online tidak membutuhkan dana yang besar. Hanya bermodal laptop 3 jutaan + internet yang lancar kamu sudah bisa memulai toko online kamu dengan nyaman.

Untuk produknya sendiri sebenarnya bisa ambil dari banyak tempat. Contoh paling baik adalah mengambil produk dari lingkungan sekitar kamu, namun jika dirasa mentok, kamu bisa mencarinya di internet. Untuk awal mulai kamu bisa menggunakan sistem dropship. Dan untuk menghemat biaya jangan langsung membuat website, mulailah dengan memaksimalkan ramainya media sosial seperti facebook, instagram, youtube dll.

4. Bisa belajar otodidak 

Orang sukses tidak selalu dilatarbelakangi dengan pendidikan formal yang sesuai. Banyak dari mereka yang banting setir. Ada kuliah jurusan teknik minyak jadi CEO, jurusan geografi jadi buka warung makan, jurusan pendidikan sejarah jadi internet marketer dll. Karena keuntungan dari pendidikan formal itu ada pada kematangan cara memendang kehidupan secara umum. Kalau soal cari duit itu bebas, yang penting halal.

Bisnis online juga sama, lagi pula sepertinya belum ada kuliah jurusan bisnis online. Untuk mempelajari bisnis online kamu bisa melihat turorial-turorial yang tersebar di jagat raya internet, mulai dari tulisan hingga video. Dan saya saat ini juga lagi belajar dan hasilnya insyaALLAH saya tuliskan disini. Yang Penting jika ingin memulai bisnis online yaitu mau belajar gigih dan konsisten. Karena banyak orang yang sudah lulus sekolah kemudian gak mau belajar lagi, mau nya kerja dapat duit. Itu adalah mindset SALAH. Untuk membahas yang satu ini lain kali saja ☹.

5. Memudahkan Pembeli dalam mencari barang

Di toko offline orang yang kebelet beli biasanya langsung tanya barang yang ingin dibelinya ke penjaga toko. Kalau di toko online mereka hanya perlu mengetikan barang yang ingin dibeli di kolo pencarian dan hasilnya akan langsung mmuncul. Jika kamu sudah memiliki website untuk bisnis toko online kamu tentu hal ini akan memperingan pekerjaan karyawan kamu.

6. Traffic toko offline sudah pindah ke toko online

Ini adalah alasan utama kamu harus membuka toko online. Semua sudah tahu bahwa generasi millenial(1980-2000) ini beda dengan generasi sebelumnya. Dimana generasi milenial ini sudah melek teknologi dan tahu bahwa online memudahkan mereka dalam mencari informasi termasuk membeli barang. Jadi kalau pembelinya saja pindah ke online tidak ada alasan bagimu untuk tetap tinggal di offline.

Itulah alasan kamu harus mulai buka toko online. Kalau ada yang mau menambahkan silahkan, mengisi kolom komentar, nanti bisa saya update lagi 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

LeadPress Wordpress Theme By WPBisnis.