Arsenal Legend : Thierry “King” Henry

Nama :
Tempat Tanggal lahir :
Tinggi :
Kebangsaan :
Posisi :
Punggung :
Gabung Arsenal :

Thierry Daniel Henry
Les Ulis, Essonne, 17 Agustus 1977
1,88
Perancis
Striker
14 & 12
1999 – 2007 & 2012 (pinjaman)

Berpredikat sebagai pemain muda berbakat, Henry tidak dapat membuat dampak selama 8 bulan tinggal di Turin setelah kepindahannya dari AS Monaco ke Juventus. Arsene Wenger ingin bekerja sama lagi dengan pemuda yang pernah ia berikan debut kala masih menukangi AS Monaco dulu.

3 Agustus 1999 Thierry Henry pindah dari Juventus ke Arsenal dengan mahar £10,5 juta. Didatangkan untuk mengisi tempat yang ditinggalkan Nicolas Anelka yang lebih dulu pergi ke Real Madrid, Henry berpindah posisi dari yang biasanya bermain sebagai sayap kiri harus menjadi penyerang tengah.

8 laga tanpa gol menjadi tanda bahwa proses pergantian posisi ini tidaklah mudah. Henry bahkan mengakui bahwa dia harus “kembali ke sekolah dan diajarkan kembali tentang seni menjadi penyerang”. Meski begitu Henry tetaplah pemuda berbakat yang menjadi top skorer timnas Perancis saat memenangkan gelar juara piala dunia ’98 dengan 3 golnya.

Begitu kemampuannya sebagai seorang penyerang terbangun, tidak ada yang bisa menghentikan pemain yang lentur dan berkaki panjang itu, dengan kecepatannya.

Terbukti dengan berhasilnya Henry mencetak 17 gol di premier league pada musim perdananya di Inggris.  Mengantarkan Arsenal finis peringkat ke-2 dibawah Manchester United.

Musim 2001-02 untuk pertama kalinya Henry mengangkat trofi liga primer Inggris. Arsenal unggul 7 angka dari pesaing terdekatnya liverpool diposisi ke-2 dengan 80 poin. Di musim ini Arsenal juga memenangkan piala FA dengan mengalahkan Chelsea 2-0 di partai final. Tercatat Henry menjadi top skor liga Inggris dengan 24 gol.

Musim 2002-03 menjadi musim yang produktif untuk Thierry Henry. Meski Arsenal hanya berada diperingkat ke-2 liga, Henry mampu mencetak 24 gol kalah 1 gol dari Ruud van Nistelroy yang menjadi top skor liga Inggris. Di musim ini Henry juga membuat rekor assist terbanyak dalam satu musim kompetisi liga Inggris dengan 20 assist. Kombinasi gol dan assist tersebut menjadi yang terbanyak dalam satu musim Premier League.

The Invincibles mungkin akan menjadi pencapaian yang tak akan terlupakan. Selain mampu menjadi top skor liga dengan mencetak 30 gol , Henry juga mengantarkan Arsenal menjuarai liga Inggris dengan rekor tak terkalahkan. 26 menang, 12 imbang dan 0 kalah. Musim 2003-04 Henry juga mendapat anugrah premiere league of the season dan PFA player of the year.

25 Juni 2007, sebuah peristiwa tak terduga, Henry berpindah ke Barcelona dengan transfer € 24 juta. Henry pergi dari Arsenal setelah menjadi top skor klub sepanjang masa dangan 226 gol dari 368 laga, 174 gol di kompetisi lokal dan 42 gol di eropa. Memenangi 2 juara liga Inggris (2000-01 dan 2003-04) dan 3 piala FA (2002, 2003, 2005) dan berbagai perhargaan Individu lainnya.

Permainan

Salah satu alasan yang membuat permainan Thierry Henry mengesankan di depan adalah kemampuannya yang dengan tenang mencetak gol dari situasi satu lawan satu. Dikombinasikan dengan kecepatan yang luar biasa, ia bisa berlari untuk kemudian masuk menuju belakang bek lawan dan mencetak gol.

Henry juga dikenal gemar berpindah posisi melebar ke sayap kiri untuk membuat celah di tengah, sehingga memungkinkan rekan setimnya masuk dan memberikan umpan ke area yang kosong. Hal yang memungkinkanya untuk membuat umpan matang. Tercatat sebagai seorang penyerang Henry berhasil membuat 74 assist di premier league. Henry juga terkadang bergerak offside untuk mengelabui pertahanan musuh kemudian kembali ke posisi onside sebelum lolos dari jebakan offside.

Thierry “King” Henry

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

LeadPress Wordpress Theme By WPBisnis.