Cara Membuat Backlink Dan Strategi Link Building SEO

Backlink merupakan faktor terpenting dalam melakukan optimasi web diluar website kita sendiri. Google menggunakan link yang didapat dari website lain untuk melihat seberapa penting suatu web untuk sebuah kata kunci. Dan kabar besarnya faktor ini yang memegeng peran paling dominan dalam OffPage SEO. Oleh sebab itu mengetahui cara membuat backlink dan strategi link building untuk website menjadi sangat penting.

Namun demikian masih ada sekelompok pemilik website yang tidak begitu peduli dengan backlink. Mereka lebih fokus terhadap konten berkualitas dan optimasi onpage lainnya. Bahkan untuk website yang memiliki autority tinggi mereka percaya bahwa backlink akan datang dengan sendirinya melalui konten yang berkualitas.

Itu bagi mereka yang idealis dan memiliki autority tinggi. Mereka lebih memilih strategi whitehat tanpa optimasi offpage yang dibuat-buat. Namun bagaimana dengan website kamu yang tidak memiliki autority tinggi dan tetap ingin websitenya bisa cepat menembus SERP 1 google? Ditambah kamu akan segera tahu cara mencari dan membuat backlink untuk website sendiri. Apakah memilih menjadi kelompok idealis. hehe

Membuat Backlink

Mengapa kita bersandiwara? itu adalah sepenggal lirik lagu panggung sandiwara yang dibawakan GodBless. Nyatanya google dengan tegas melarang strategi link building ini. Tapi mengapa para pegiat SEO masih melakukannya? Alasannya adalah karena mereka pintar bersandiwara setidaknya dihadapan robot google. Mereka membuat link building seolah-olah bukan mereka yang membuat, tapi orang lain.

Disamping kamu bisa membuat konten berkualitas yang mampu menembus guest post. Kita sudah tahu bahwa semua link building yang dibuat-buat itu dilarang google, efek terburuk jika ketahuan adalah de index. Maka berikut ini cara bersandiwara dalam membuat backlink.

1. Link dari web kita yang lain

Bagi orang yang sudah lama serius menekuni dunia SEO, biasanya mereka memiliki banyak website. Dari sekian banyak website dimiliki, ada yang mereka gunakan sebagai moneysite lagi, ada juga digunakan untuk memberi baclink ke website utama. Dalam memberi link ini tidak boleh ada aksi timbal balik. Dan juga harus menggunakan hosting yang berbeda agar tidak meninggalkan footprint yang membuat google curiga.

2. Menggunakan jasa link SEO

Jika kamu cuma punya 1 website, mungkin kamu butuh jasa link SEO. Kamu bisa menemukannya dengan mudah di marketplace seperti fiverr. Namun kamu juga harus pilih-pilih, utamakan kualitas. Karena banyak tidak selalu bagus. Pilih high quality backlink yang hanya akan memberi nilai tambah untuk ranking website kita.

Pertama kamu harus memperhatikan harga. Backlink dengan kualitas tinggi itu dibangun dengan biaya yang tidak murah. Maka harga jasa link SEO yang murah bisa dipastikan kualitasnya rendah.

Kedua pilih jasa link SEO yang penggunanya sedikit. Karena jika sudah banyak yang memakai jasanya bisa saja website yang digunakan sudah banyak outbound link nya, yang sangat riskan dicurigai spam oleh google. Kecuali si penyedia jasa memang memiliki banyak web ber autority tinggi.

3. Reserve engineering

Dalam SEO strategi reserve engineering dapat diartikan sebagai proses menganalisa sistem kerja website kompetitor, sehingga bisa meniru atau membuat yang lebih baik. untuk mengetahui sumber backlink kompetitor dibutuhkan tools seperti Ahrefs dan Semrush (berbayar). Untuk tools serupa yang gratis bisa menggunakan seoprofiller.

Setelah mendapat daftar website yang memberi aliran backlink ke kompetitor, kita bisa menghubungi pemilik website tersebut untuk mendapat backlink yang sama. Atau mencari web lain yang mirip bahkan lebi baik untuk dijadikan sumber backlink.

4. Deep Linking

Deep linking adalah teknik link building yang tidak hanya fokus pada hopage saja, melainkan pada halaman post lainnya juga. Ada banyak manfaat dalam melakukan teknik deep linking ini, dan yang terpenting untuk menaikkan ranking setiap post yang sudah kita optimasi dengan kata kunci.

Ciri ciri backlink berkualitas

Setidaknya ada 6 ciri backlink bisa disebut berkualitas.

1. Terindex dan bar atribut dofollow

Terindex berarti link tersebut sudah ada dalam database google. Atribut dofollow akan menerangkan pada robot google bahwa pembuat link dengan sadar dan sengaja mereferensikan web kita. Seperti yang sudah diterangkan sebelumnya hal ini akan menambah nilai pada ranking SERP suatu website nantinya.

2. Link yang mengundang traffic tinggi

Banyak yang tidak sadar selain untuk menaikkan SERP google, backlink juga berfungsi untuk memberi traffic ke web kita. Kita bisa memanfaatkan halaman web yang sudah memiliki traffic tinggi untuk selanjutnya berharap pengunjung web tersebut juga akan mengunjungi web kita.

3. Dari web ber autority tinggi

Seperti mendapat nasehat dari guru ngaji, seperti itu lah  link dari web ber autority. Google mendapat saran dari website yang sudah dikenal baik. Sehingga kepercayaan google untuk menaikan ranking website yang direkomendasikan juga semakin besar.

4. Backlink dari topik yang relevan

Alih-alih mendapat saran untuk belajar bahasa inggris, tapi yang memberi saran adalah guru matematika. Begitu pula backlink yang tidak relevan. Jadi membuat backlink dari sumber yang relevan akan lebih membuatnya lebih berkualitas, selain itu juga bisa mendapatkan klik lebih banyak dari pembacanya. Saat ini google bisa membaca relevansi konten dengan bantuan Latent Semantic Indexing (LSI).

5. Bukan reciprocal backlink

Artinya bukan merupakan link bolak-balik hasil dari bertukar backlink, selain tidak berkualitas juga berpotensi mendapat penalti dari google. Mendapat backlink dari sumber terpercaya seperti situs pemerintah dan pendidikan akan lebih baik dan mampu meninggkatkan ranking SERP google.

6. Contextual link

Contextual link adalah jenis link yang ada didalam artikel. Backlink yang ada dalam konten memiliki kekuatan lebih dibanding backlink yang ada di kolom komentar, footer ataupun side bar. Membuat backlink dengan anchor (kata yang diberi link) yang sama atau se-makna dengan kata kunci juga akan menambah kualitas backlink.

Strategi link building

Dalam melakukan link building kita akan berkenalan dengan tier concept. Sistem yang sering digunakan dalam bisnis MLM. Sistem saling membawahi ini digunakan untuk memperkuat backlink web utama.

Website utama atau moneysite ada dibagian paling atas, kemudian kita buat lagi bawahannya. Bawahan ini dibuatkan bawahan juga, begitu seterusnya. Untuk jelasnya bisa lihat gambar dibawah.

Teorinya kita akan meletakkan backlink berkualitas tinggi pada web second level. Diikuti backlink berkualitas rendah pada third level. Dan jika dibawahnya masih ada lagi, bisa menggunakan backlink berbau spam.

Dan akan menjadi sepeti ini untuk tingkat yang lebih advance.

Saat membangun link building ini kita juga harus paham sumber mana saja yang memiliki kualitas tinggi, rendah dan spam.

1. Sumber backlink berkualitas tinggi

PBN (Private Blog Network)
Private blog network adalah sekumpulan website yang (biasanya) dibangun dari domain expired ber autority tinggi. Kualitas nya ditandai dengan DA (Domain Autority), PA (Page Autority) dari moz.com dan TF (Trust Flow), CF (Citation Flow) dari majectic.com.

Harga dari expired domain ini tidak murah dan seringnya lebih mahal dibanding registrar doamin baru. Selain itu untuk mengetahui expired domain yang berkualitas dibutuhkan tools premium dari moz.com dan majestic.com yang mana harga sewanya pun mahal.

Namun bisa juga dibuat menggunakan gunakan platform gratisan seperti blogspot.com dan wordpres.com, dan namanya berubah menjadi FBN (Free Blog Network).

Blog Post
Merupakan contextual linkyang berasal dari blog berkualitas milik orang lain. Yang dimaksud blog berkualitas disini adalah blog yang sudah memiliki banyak traffic dan ranking DA dan PA yang lebih baik dari blog yang ingin dioptimasi.

Guest post adalah jenis blog post gratisan yang bisa digunakan untuk menanam backlink, dimana kita akan berperan sebagai penulis tamu yang akan menyumbangkan konten berkualitas tinggi kepada website yang membuka guest post. Disini akan terjadi simbiosis mutualisme yang mana blog tersebut mendapat tulisan berkualitas secara gratis  dan kita bisa mendapat link dari web ber autority tinggi.

Masalahnya untuk bisa menembus guest post, kita akan dihadapkan pada persyaratan yang sangat ketat. Jika ingin mudah maka carilah yang berbayar. Bisa mencari di marketplace ataupun bisa japri pemilik blog berkualitas yang  ingin ditanam backlink.

Situs institusi
yang biasa digunakan adalah institusi pemerintah dan pendidikan yang ditandai dengan ekstensi .EDU dan .GOV . Para bloger sepakat bahwa backlink dari situs institusi ini merupakan sumber backlink berkualitas dan berbobot.

2. Sumber backlink berkualitas rendah

Forum profile
Kita bisa mendaftar di banyak forum profile seperti kaskus, forumviva, detikforum, kompasiana dimana mengijinkan kita untuk menaruh link website di profile.

Social bookmark
Situs yang dimanfaatkan untuk bookmark artikel dari berbagai web dengan harapan link arikel yang ada disana bisa mendatangkan traffic. Contoh situs social bookmark di Indonesia adalah infogue.com , lintas.me , populerkan.com .

Social media sharing
Selain sosial media bookmark, kita juga bisa menggunakan media sosial untuk mendatangkan traffic. Dan untuk link building wajib hukumnya sebuah website untuk memberi tombol share ke sosial media populer saat ini. Dan jika konten nya bagus, mengandung unsur viral bukan tidak mungkin akan dishre oleh ratusan bahkan ribuan orang.

3. Sumber backlink berbau spam

  • Blog comment auto aprrove
  • Social bookmark yang sudah ditandai spam
  • Dll.

 

Do with your own risk

Membuat atau membeli link berkualitas dengan tujuan cepat naik rangking di SERP google itu boleh saja, tapi juga harus tahu dan sadar resikonya. Karena seburuk-buruknya pencitraan adalah yang ketahuan.

Semakin lama google semakin pintar dalam mendeteksi website yang menggunakan backlink dan strategi link building tiers. Jika ketahuan, penalti hadiahnya dan yang terburuk adalah web anda deindex dari mesin pencari. Meskipun bisa menggunakan fitur disavow dari google webmaster untuk memperbaiki situasi. Bagi google konten is a king. Buat konten berkualitas dan gunakan strategi inbound marketing jauh lebih baik untuk bisnis jangka panjang.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

LeadPress Wordpress Theme By WPBisnis.