Belajar SEO WordPress Butuh Alat Perang Ini

Search Engine Optimization atau disingkat dengan SEO merupakan teknik optimasi website agar bisa lebih mudah ditemukan oleh pengguna search engine. Disamping banyaknya algoritma google yang berubah, SEO merupakan strategi marketing online paling lama dan paling awet hingga saat ini. SEO ini gratis, namun jika ingin lebih cepat naiknya ada tambahan biaya untuk optimasinya. Jika kamu ingin mulai belajar SEO wordpress, kamu harus menyiapkan alat perangnya

Alat perang belajar SEO wordpress

1. Siapkan domain

Domain ini wajib TLD (diutamakan domain .com .net .org karena 3 domain ini adalah domain tertua sehingga terdengar familiar). Domain TLD ini berbayar. Meskipun Sedang belajar tentunya kamu tidak ingin waktu belajarmu terbuang sia-sia kan. Karena saat websitemu sudah ramai dan terkenal website ini bisa menjadi sumber pasif income. Oleh karena itu memakai domain berbayar akan lebih aman.

Bahkan pada level tertentu sebuah domain membutuhkan Whoisguard yang fungsinya menyembunyikan data pribadi kita, sehingga sulit dilacak oleh kompetitor. Untuk menyewa (karena bayar tahunan) atau istilah kerennya registrar domain kamu bisa ke namecheap.com atau name.com kalau mau bayar pake dolar. Bisa juga ke rumahweb atau niagahoster untuk yang mau rupiah.

2. Sewa Webhosting

Hosting ini adalah tempat dimana file dari website kita akan disimpan. Bentuk fisiknya seperti komputer hanya saja terus terhubung dengan internet. Hosting ini juga berbayar dan biasanya lebih mahal dari domain, namun saat tulisan ini dibuat ada tempat sewa hosting gratis khusus yang memiliki kantong kering :V. langsung aja ke hoststres.com baca juga syarat-syaratnya. Ada lagi yang gratis tanpa syarat cuma lupa namanya :V.

Intinya hosting ini wajib, sama seperti domain kalau bisa yang berbayar karena kalau down ada yang bisa dimarahi. untuk awal bisa pakai shared hosting dulu. Nanti kalau sudah rame bisa ganti ke vps yang bisa menampung visitor lebih banyak. Untuk bahasan hosting bisa lain waktu saja ya :D. Untuk lebih jelasnya bisa baca disini.

3. Install WordPress

Karena ini tentang belajar SEO wordpress maka wajib hukumnya install wordpress. WordPress sendiri ada 2 macam wordpress.org dan wordpress.com. Jika kamu sudah sewa hosting berarti yang akan kamu install adalah wordpress.org, karena wordpress.com itu gratisan sama seperti blogspot.com. Istilah kerennya Web 2.0 yang mana ciri-cirinya dibelakang domain ada .wordpress.com atau .blogspot.com. Kalau pake yang gratisan ini jangan nangis kalau sewaktu-waktu website kamu hilang karena di hapus oleh yang punya :V.

Untuk cara install wordpress sendiri kamu bisa lihat disini. Dan jangan lupa install juga plugin SEO kesayangan, kalau saya pakai YOAST SEO.

4. Siapkan konten

Konten harus berkualitas, informatif, enak dibaca, unik bukan hasil copy paste. Kamu bisa menyiapkan 5-10 konten yang relevan, artinya kontennya harus satu aliran, kalau tentang burung jangan dicampur kucing, kalau tentang resep makanan jangan dicampur resep membuat bom, tapi kalau ingin membuat website gado-gado silahkan cuma nanti akan lebih sulit optimasinya.

Konten sendiri selain artikel juga bisa berupa gambar atau video. Gak bisa nulis, bisa cari jasa penulis artikel, gak bisa gambar bisa cari di situs penyedia gambar gratis (contoh: pixabay.com, pexels.com, stocksnap.io), gak bisa buat video bisa cari di youtube tinggal di embed ke websitemu. Untuk video jangan diupload ke hosting nanti hostingmu akan cepet penuh.

5. Siapkan tools

Jika kamu ingin punya website yang ramai, sebaranya tools yang wajib dipelajari hanya tools research keyword. Karena tools lainnya sudah berbau cara mencari backlink yang mana ini adalah teknik sesat menurut google.

Tool research keyword yang gratis dari google sendiri adalah Google AdWords Keyword Planner. Namun ada tools pihak ketiga yang bisa digunakan jika kamu tidak puas dengan keyword planner seperti keywordtool.io dan ubbersugest. Tinggal pilih yang kamu sukai.

Untuk tool gratis yang lebih lengkap kamu bisa download disini. Karena saya sendiri belum nyobain semua hehe.

6. Sumber backlink berkualitas (tidak untuk aliran whitehat)

Saya tulis tidak untuk aliran whitehat, karena menurut google semua backlink yang sengaja dibuat adalah haram hukumnya. Tahukan haram kalau tetap dilakukan dosa. Namun tanpa backlink yang sengaja dibuat, website baru akan sangat lama naiknya.

Oh ya, yang belum tahu backlink. Istilah mudahnya adalah link rujukan, jadi kalau ada website A memiliki link rujukan ke website B bisa diartkan bahwa website B memiliki konten yang bekualitas. Setidaknya kualitasnya sama atau lebih baik dari website A.

Alat perang ini standar bagi orang yang mau belajar SEO wordpress. Yang sudah punya website pasti tahu, hanya super nyubie yang belum tahu hehe, sekian terimakasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

LeadPress Wordpress Theme By WPBisnis.