Ikutilah 15 Cara Menulis Artikel SEO Ini Agar Tulisan Semakin Berbobot!

Saat ini untuk mendapatkan sebuah informasi sangatlah mudah dilakukan. Hanya dengan membuka mesin pencari seperti google.com dan mengetikkan informasi yang ingin diketahui. Maka dengan cepat mesin pencarian akan menemukan informasi yang diinginkan.

Jika kamu ingin menjadi salah satu orang yang bisa menulis artikel, maka mulailah belajar cara menulis artikel SEO. Dengan demikian maka kamu bisa menjadi penulis artikel yang handal. Sehingga memungkinkan tulisan kamu dibaca oleh banyak orang.

Menjadi seorang penulis sudah pasti harus belajar untuk mendapatkan ilmu terlebih dahulu. Setelah itu kamu juga harus rajin menulis agar tulisan kamu menjadi jauh lebih baik dan enak untuk dibaca.

Inilah 15 Cara Menulis Artikel SEO yang Tepat!

Apabila artikel banyak dibaca oleh masyarakat, maka sudah pasti bisa meningkatkan ranking website. Untuk itu perlu membuat tulisan yang mampu menarik banyak pembaca, salah satunya dengan menulis artike yang SEO riendly.

Untuk itu maka sudah seharusnya mengetahui cara menulis artikel SEO dengan baik. Terdapat beberapa hal yang perlu dilakukan agar artikel mampu berada di halaman pertama mesin pencari.

Hal yang tentunya sangat penting dilakukan, oleh sebab itu jangan sampai menulis artikel yang sembarangan dan asal-asalan untuk website. Jikapun menggunakan jasa penulis artikel SEO, kamu jadi bisa menilai hasilnya.

Karena artikel yang asal nulis bisa menjadi kurang menarik minat pembaca. Untuk menghindari hal ini maka kamu harus mengikuti beberapa langkah berikut ini.

1. Mengetahui Karakteristik dari Pembaca

Fungsi dari menulis artikel di website adalah untuk memberikan informasi kepada pembaca. Ikuti hal tersebut maka sudah pasti akan ada orang yang membaca artikel kamu.

Pastikan untuk mengetahui karakteristik dari pembaca artikel di website. Kamu bisa melakukan riset terlebih dahulu untuk mengetahui siapa pembaca artikel kamu.

Dengan demikian kamu akan mengetahui siapa saja yang membaca artikel yang kamu tulis. Sehingga bisa mengetahui apa yang diinginkan oleh pembaca.

Informasi ini bisa kamu gunakan untuk menyesuaikan gaya bahasa dan juga penulisan sesuai dengan pembaca. Sehingga kamu juga bisa membuat konten artikel yang sesuai dengan minat pembaca.

2. Melakukan Riset Keyword Terlebih Dahulu

Hal selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah dengan melakukan riset terhadap keyword tertentu. untuk mengetahui keyword, maka kamu bisa menggunakan keyword tool, seperti ubbersuggest atau google keyword planner.

Dengan begitu maka kamu bisa menemukan keyword mana saja yang saat ini sering digunakan. sehingga kamu bisa menyesuaikan dengan konten yang nantinya akan kamu buat.

3. Memilih Informasi yang Banyak Dicari

Hal yang tidak kalah pentingnya adalah memilih informasi yang saat itu sedang trending dan banyak diperbincangkan oleh masyarakat. Kamu bisa membuat informasi yang memang berkaitan dengan topik terhangat saat itu.

Selain itu mesin pencari memang menyukai artikel yang dapat menjawab kebutuhan dari masyarakat. Dan informasi yang seperti ini bisa meningkatkan rating dari website kamu. Sehingga bisa dilihat oleh masyarakat secara luas.

Lakukan riset terlebih dahulu. Pastikan kamu mampu memberikan informasi yang benar dan akurat. Karena jika tidak, maka bisa dikatakan kamu memberikan informasi yang palsu.

Hal ini tentunya bisa merugikan masyarakat. Oleh sebab itu pastikan membuat artikel dengan informasi yang benar.

4. Menggunakan Judul yang Menarik

Langkah selanjutnya adalah dengan menggunakan judul artikel yang menarik.

Karena kebanyakan orang akan melihat judulnya terlebih dahulu sebelum membuka artikel. Maka kamu bisa menggunakan judul yang menarik pembaca untuk mengunjungi artikel kamu.

Hal ini agar artikel SEO yang sudah kamu buat memiliki kesempatan lebih besar untuk dapat dibaca oleh banyak orang.

Pastikan saat menuliskan sebuah judul sudah disesuaikan dengan isi artikel yang kamu buat. Jangan sampai membuat judul yang bertele-tele, sehingga tidak efektif untuk dibaca.

Mesin pencari biasanya juga menempatkan rangking teratas melalui judul yang menarik. Karena judul yang mengandung keyword tertentu bisa membuat mesin pencari memberikan website kamu pada peringkat teratas.

Dampaknya website kamu bisa mendapat lebih banyak pengunjung.

5. Artikel yang Mudah Dipahami

Cara membuat artikel SEO tentunya harus dengan membuat isi artikel yang mudah untuk dipahami. Baik dipahami oleh pembaca, ataupun mudah ditemukan oleh mesin pencari.

Dengan demikian artikel kamu bisa memungkinkan untuk masuk peringkat teratas pada mesin pencari, karena banyak orang yang membaca artikel kamu.

Hal inilah yang sering digunakan oleh jasa penulis artikel SEO, sehingga artikel yang dibuatnya selalu menarik untuk dibaca.

BACA JUGA:  Alasan Harus Memiliki Website

Untuk bisa membuat artikel yang mudah dipahami tentunya perlu latihan secara terus-menerus agar mendapatkan hasil tulisan yang enak dibaca.

6. Menggunakan Subheading

Menulis artikel SEO sangat berbeda dengan menulis berita ataupun menulis karya yang lainnya. Karena kebanyakan orang akan membaca artikel yang singkat padat dan jelas.

Agar artikel kamu semakin menarik, maka kamu bisa membuat subheading. Cara ini sangatlah efektif agar pembaca dapat mendapatkan informasi yang tepat.

Kamu juga bisa membuat artikel yang terdapat keyword LSI agar dimudahkan google untuk menemukan artikel kamu. Tentunya dalam pembuatan sub heading dan juga LSI harus dilakukan riset terlebih dahulu.

Pastikan juga kamu membuat kalimat yang mudah dipahami. Dengan demikian maka kemungkinan banyak artikel kamu dibaca oleh banyak orang.

7. Menulis Paragraf yang Singkat

Agar tulisan artikel kamu bisa dibuat dengan baik. Maka sudah seharusnya kamu menulis artikel yang jelas. Selain itu pastikan agar kalimat yang kamu buat tidak bertele-tele.

Sehingga pembaca mudah memahami isi konten artikel kamu. Dengan begitu kamu harus memastikan tulisan kamu dibuat secara baik.

Perhatikan juga paragraf yang kamu buat. Karena artikel yang menarik pembaca memiliki jumlah kalimat tertentu. Sehingga pembaca tidak mudah bosan saat membaca artikel.

Kamu bisa menggunakan satu paragraf hanya berisi 3 sampai 4 baris saja. Untuk kalimat per paragraf bisa 4 ataupun 5 kalimat saja.

8. Menggunakan Link Eksternal dan juga Link Internal

Untuk meningkatkan performa SEO dalam tulisan kamu, maka bisa menggunakan link Internal dan juga eksternal.

Fungsi dari link internal adalah mampu untuk membantu pembaca dalam menentukan informasi dari web yang relevan dengan topik artikel yang akan dibaca.

Sedangkan untuk link yang eksternal biasanya digunakan untuk menunjukkan referensi yang kamu gunakan saat menulis ataupun mengutip informasi.

Dengan menggunakan kedua link ini maka memungkinkan agar artikel kamu bisa dibaca oleh masyarakat luas.

Dalam menulis artikel yang baik sudah seharusnya dilatih secara terus-menerus. Karena kemudahan dalam menulis bisa didapatkan dengan latihan secara rutin.

Selain itu dalam menulis harus mengikuti beberapa kaidah kepenulisan yang baik. jangan sampai kamu membuat tulisan yang mengandung SARA.

Karena hal tersebut bisa membuat kualitas tulisan kamu semakin menurun. Selain itu juga bisa terkena dengan undang-undang yang berlaku.

Oleh sebab itu jadilah penulis yang baik dengan tetap memegang kaidah kepenulisan dengan benar. Dengan demikian kamu akan menjadi penulis yang baik dan bisa bermanfaat untuk orang lain.

9. Format Tulisan Yang Mudah Untuk Dibaca

Hal ini sangat penting selain isi konten artikel yang bagus. Pembaca tetap bisa saja tidak akan membaca tulisan kamu jika kamu menggunakan format tulisan yang sulit untuk dibaca.

Karena format tulisan yang menggunakan font rumit bisa menyebabkan sulit memahami isi tulisan tersebut.

Gunakan format penulisan dengan font yang mudah untuk dibaca. Kamu bisa menggunakan font Arial, Amasis MT Pro, Verdana dan lain sebagainya.

Pastikan font tersebut memiliki tulisan yang normal dan tidak terlalu rumit. Untuk ukuran font kamu bisa menggunakan ukuran mulai dari 16 px.

Dengan penerapan format penulisan yang tepat, maka sudah pasti pembaca akan merasa nyaman saat membaca tulisan kamu. Sehingga bisa memungkinkan mesin pencari bisa menempatkan website kamu dalam peringkat teratas.

10. Membuat Struktur Artikel yang Tepat

Untuk memudahkan kamu dalam membuat artikel SEO. Maka kamu bisa membuat strukturnya terlebih dahulu. Tentunya hal ini bisa membuat artikel yang akan kamu tulis tidak menyimpang terlalu jauh dari topik utamanya.

Untuk menentukan struktur pastikan kamu mengetahui topiknya secara garis besar. Kemudian kamu bisa menempatkan diri sebagai pembaca dan perkirakan jawaban apa yang nantinya kamu inginkan dari artikel tersebut. Dengan cara ini kamu bisa menentukan struktur artikel yang tepat.

Untuk pemula kamu juga bisa menggunakan rumus 5W+1H untuk memudahkan kamu menjawab pertanyaan dasar dari artikel yang akan kamu buat.

11. Pastikan Untuk Memaksimalkan Meta Title

Hal yang perlu kamu lakukan agar website kamu bisa menempati ranking teratas adalah menempatkan meta. Meta title berbeda dengan adanya judul ataupun heading.

Meta title ini bekerja untuk tampil di mesin pencari nantinya. Biasanya meta title akan dibaca oleh mesin pencari sebagai judul yang dapat menentukan peringkat pada mesin pencari.

BACA JUGA:  Panduan Lengkap Public Relation

Syarat untuk menggunakan meta title yang tepat adalah dengan menggunakan 50 sampai 60 karakter huruf. Pastikan juga untuk memberikan judul yang dapat menarik pembaca.

Cara ini akan memudahkan website kamu untuk masuk dalam peringkat teratas. Semakin banyak membaca maka semakin banyak peluang masuk ranking teratas pada mesin pencari.

12. Melakukan Optimasi Meta Description

Selain itu kamu juga bisa menggunakan optimasi meta description. Dengan hal ini maka bisa memudahkan mesin pencari untuk menempatkan artikel pada peringkat teratas.

Dalam membuat meta description pastikan untuk membuat kalimat yang mengandung keyword. Untuk memancing rasa penasaran dari pembaca, kamu bisa menggunakan Call To Action (CTA) ataupun membuat kalimat berupa pertanyaan.

Dengan demikian maka pembaca akan tertarik untuk membaca isi artikel kamu. kamu harus memastikan bahwa description yang dibuat telah mewakili dari isi artikel kamu.

13. Menyebarkan Kata Kunci

Cara menulis artikel SEO yang bisa kamu lakukan adalah dengan menyebarkan keyword tertentu pada semua isi artikel yang kamu buat.

Artikel dengan keyword yang terbagi ke seluruh isi artikel akan memudahkan mesin pencari untuk menempatkan artikel di ranking atas karena diangap relevan. Hasilnya website bisa mendapat banyak pengunjung.

Dalam menyebarkan kata kunci tentunya tidak boleh dilakukan sembarangan. Karena artikel yang bagus memiliki jumlah kata kunci tertentu.

Hal ini juga harus disesuaikan dengan jumlah kata artikel yang akan kamu buat. Jika jumlah katanya sedikit misalnya 300 kata, maka jangan sampai kamu menyebarkan kata kunci sebanyak 10 kali.

Ingat sesuatu yang berlebihan tidaklah baik. Hal ini juga bisa mempengaruhi mesin pencarian saat mendeteksi artikel kamu.

Kata kunci yang terlalu banyak bisa terdeteksi sebagai keyword spam yang mengakibatkan sulit untuk menempati ranking teratas. Oleh sebab itu pastikan jumlah kata kunci yang sesuai.

14. Menggunakan Optimasi Gambar

Hal yang bisa kamu lakukan agar mendapatkan pengunjung yang banyak di website kamu adalah dengan mengoptimasi gambar. Dengan adanya gambar bisa membuat pembaca semakin tertarik untuk membaca artikel yang kamu buat.

Namun terlalu banyak gambar membuat website semakin lama untuk dimuat. Oleh sebab itu perlu dilakukan optimasi gambar untuk mempersingkat load time di website.

Karena website yang memiliki load time yang lelet bisa menjadikan mesin pencari memberikan nilai yang buruk. Dampaknya bisa menurunkan peringkat di mesin pencari.

Untuk melakukan optimasi gambar kamu perlu memastikan gambar yang sesuai dengan artikel yang akan kamu buat.

Selanjutnya kamu juga perlu memasang deskripsi yang tepat sesuai dengan temanya, pastikan juga memasukkan alt text ke dalam gambar.

Kemudian kamu bisa memilih file ukuran gambar yang kecil. Dengan ukuran gambar di bawah 150 KB.

15. Memastikan Bahwa Tulisan Layak Untuk Dibaca

Salah satu hal yang tidak kalah pentingnya agar mendapatkan artikel Seo yang tepat adalah isi tulisan yang layak untuk dibaca. Jika isi tulisan mengandung pernyataan yang hoax/palsu maka sudah bisa dipastikan nantinya rating website kamu semakin menurun.

Pastikan juga saat menulis artikel tidak ada typo yang bertebaran. Typo pada tulisan juga bisa mempengaruhi kelayakan dari artikel yang kamu buat. Untuk menghindari hal ini kamu bisa membaca kembali tulisan artikel kamu.

Hal ini bertujuan agar kamu bisa melihat kata mana saja yang memiliki typo, dan juga bisa menentukan kalimat mana saja yang memiliki tata bahasa yang kurang menarik.

Agar mendapatkan kalimat yang bagus dan menarik. Sudah seharusnya kamu sering berlatih dalam menulis artikel secara rutin. Dengan demikian kemampuan menulis kamu akan semakin terasah.

Pastikan juga bahwa kalimat yang kamu buat mudah untuk dipahami dan dapat diterima dengan baik oleh pembaca.

Adanya cara menulis artikel Seo yang bagus tentunya tidak hanya membuat tulisan yang SEO friendly saja, melainkan juga tetap memperhatikan gaya penulisan dan bahasa yang baik.

Dengan menggunakan gaya penulisan dan bahasa yang baik artikel jadi mudah dipahami oleh pembaca. Sehingga pembaca akan mendapatkan informasi yang sesuai melalui tulisan yang kamu buat.

Itulah beberapa hal yang bisa kamu praktekan saat menulis artikel SEO yang baik.

Tidak hanya membacanya, namun saya juga berharap kamu mendapatkan ilmu yang bisa membuat skill menulis menjadi jauh lebih terasah. Tentunya hal ini sangatlah penting untuk dunia kepenulisan.

Terutama bagi kamu yang ingin menjadi seorang penulis artikel SEO, dan ingin merintis karir sebagai penulis handal. Sehingga dengan mempraktekkan ke-15 cara di atas, kamu bisa membuat artikel yang mampu meningkatkan peringkat suatu website.

Kamu juga bisa menjual keahlian menulis artikel SEO tersebut pada orang lain, dengan cara membuatkan artikel mereka dengan lebih SEO Friendly.

Di masa kini, keahlian menulis artikel SEO mampu dibayar mahal, lho. Kamu bisa menggunakan peluang ini sebagai side job. Jadi, jangan ragu lagi untuk memperdalam keahlian menulis SEO kamu, ya.

Semoga artikel kami kali ini bermanfaat untuk kamu!

Dapatkan notifikasi ke email kamu setiap kali ada tulisan baru. GRATIS.

    Add your first comment to this post

    Website ini menggunakan theme generatepress premium dan layanan hosting di webnesia.co.id.

    Site content is protected.

    Pin It on Pinterest

    Share This