8 Cara Memanfaatkan Instagram – Cafe To The Next Level

Tidak dapat disangkal, saat ini Instagram sangat populer untuk mempromosikan cafe. Apakah kamu baru memulai atau sudah lama memiliki cafe, daftar tips dan contoh ini dapat membantu meningkatkan level bermain instagram kamu!

1. Quality matters

Instagram adalah platform yang memperlihatkan gambar dan video, jadi kita harus membuat gambar yang bagus untuk bisnis kita. Jika kita memiliki teman atau karyawan yang ahli dalam mengambil gambar dan memiliki peralatan yang baik, kenapa tidak meminta mereka untuk mengambil gambar produk kita beberapa kali?

Dengan begitu, kita akan memiliki banyak gambar yang bisa kita gunakan selama beberapa minggu atau bulan. Kita juga bisa menjadwalkan penggunaan gambar-gambar tersebut dengan menggunakan alat seperti vistasocial.

Jika kita hanya memiliki ponsel, kita masih bisa mengambil gambar yang bagus dengan beberapa tips berikut:

  • Pindah dari tempat yang gelap dan cari cahaya alami di dekat jendela.
  • Ubah sudut pengambilan gambar, seperti mengambil gambar dari atas atau dari bawah.
  • Gunakan aplikasi seperti VSCO untuk mengontrol kamera ponsel kita.
  • Tambahkan grafik yang bagus menggunakan aplikasi seperti Canva (untuk foto) atau Legend (untuk video).

Lihat contoh gambar yang bagus dari The Hideout Coffee di Queensland, Australia. Mereka sangat ahli dalam mengambil gambar yang bagus!

2. Buat tema untuk profil

Untuk cafe, konsistensi itu sangat penting. Bukan hanya tentang kualitas kopi atau sikap staf, tapi juga tentang halaman Instagram kamu. Menggunakan filter warna yang sama dapat membantu, serta memastikan pesan yang kamu sampaikan sesuai dengan siapa kamu.

Misalnya, jika kamu ingin dikenal sebagai cafe yang memiliki kualitas tinggi, maka tidak masuk akal jika kamu mempromosikan ‘beli satu dapat dua’ atau memposting meme yang tidak serius.

Contoh yang baik adalah Fleur Du Luxe, sebuah toko bunga! Perhatikan bagaimana warna hitam dan emas digunakan dalam berbagai cara di setiap postingan. Elemen konsisten ini menambahkan kesan kualitas dan kemewahan.

3. Gunakan caption yang dipersonalisaikan

Kamu tahu kalau kita memiliki cafe yang unik? Nah, ketika kita memposting gambar di media sosial, kita juga perlu menulis kata-kata yang menyertainya. Kata-kata itu disebut ‘caption’. Caption itu seperti cerita yang kita tulis untuk mengiringi gambar kita.

Kita bisa menulis caption yang lucu, santai, atau sederhana. Tapi yang penting, caption itu harus mencerminkan kepribadian kita dan cafe kita. Jadi, kita harus menjadi diri kita sendiri!

Oh, dan ada satu tips lagi! Ketika kita memposting gambar, kita bisa menulis ‘@’ diikuti nama teman, pelanggan, atau bahkan selebriti yang datang ke cafe. Itu akan membuat mereka merasa spesial dan ingin berbicara dengan kita!

Dan, jika kita memiliki tema yang sesuai, kita bisa menggunakan emoji untuk menarik perhatian pada kata-kata yang penting. Lihat contoh postingan dari The Press Shop di Bowral, NSW. Mereka memiliki gambar yang indah dengan caption yang menunjukkan bahwa mereka memiliki hubungan yang baik dengan pelanggan mereka.

4. Berinteraksilah seperti saat berada di belakang mesin kopi

Media sosial itu dinamakan begitu karena ia membuat kita terhubung dengan orang lain seperti kita berjumpa dengan pelanggan di cafe. Itu bererti kita harus meninggalkan komen pada posting pelanggan, membagikan kembali konten yang relevan, dan yang paling penting – menampilkan foto orang asli dalam postingan kita.

5. Gunakan hashtag yang tepat untuk memperluas audiens

Hashtag adalah cara yang bagus untuk membuat postingan kamu dilihat oleh lebih banyak orang. Kamu dapat menambahkan tagar yang berhubungan dengan tempat kamu (seperti #kopiGoldCoast), serta kata kunci yang populer (seperti #kopikhusus atau #seniLatte).

Lihat postingan dari teman kita Stay Handsome Espresso di Kogarah, Sydney untuk contoh yang bagus tentang cara melakukannya.

6. Selalu update story

Kamu tahu kalau kita buka aplikasi Instagram, ada beberapa cerita kecil yang muncul di atas layar kita? Itu disebut ‘Stories’! Biasanya, cerita-cerita itu berupa video dan ada unsur-unsur interaktif seperti polling, countdown, dan efek suara yang membuatnya lebih menyenangkan.

Cerita-cerita itu hanya ada selama 24 jam, jadi kita harus membuatnya tentang apa yang sedang terjadi sekarang. Ini sangat bagus untuk mempromosikan sesuatu yang spesial hari ini, seperti acara lokal atau promo khusus. Kita bisa membuat orang-orang ingin datang ke tempat kita hari ini!

7. Maksimalkan halaman profil

Ketika orang melihat profil kita, penting untuk memberikan informasi yang mereka butuhkan. Contohnya seperti Cafe Macquarie di Newcastle. Mereka memberikan informasi yang lengkap, seperti jam buka, nomor telepon, alamat, dan link untuk memesan online. Itu sangat baik!

8. Buat kontes dan penawaran eksklusif

Orang suka mendapatkan penawaran yang bagus, dan Instagram adalah cara yang mudah untuk mempromosikan penawaran tersebut.

Misalnya, jika orang menandai teman mereka di komentar, kamu dapat menawarkan kode khusus untuk diskon. Trik seperti ini dapat membantu kamu mengetahui siapa yang aktif di media sosial kamu – serta membantu menyebarkan berita tentang cafe kamu.

Mengadakan kontes foto dan voting juga adalah cara yang menyenangkan untuk berinteraksi dengan pelanggan dan memberi mereka dorongan untuk berinteraksi dengan akun Instagram cafe kamu.

Kamu bisa meminta pengikut kamu untuk menandai kamu di foto seni latte, atau mengadakan voting untuk makanan favorit yang kamu tawarkan – dan siapa pun yang menang akan mendapatkan hadiah.

Yang penting, pastikan kamu sudah membaca panduan promosi Instagram sebelum memulai. Berikut adalah contoh kontes Hari Ibu yang kami adakan beberapa waktu lalu:

Jika kamu ingin dapatkan inspirasi pemasaran lagi, lihatlah 12 ide pemasaran cafe yang bisa kamu tiru sekarang juga! Di sana ada banyak contoh dan strategi lainnya yang khusus untuk cafe dan toko kopi. Jika kamu baru memulai bisnis cafe, lihatlah panduan langkah demi langkah untuk membuka cafe – dan ambil daftar periksa untuk membantu kamu memulai dengan benar!

Views: 0

Dapatkan notifikasi ke email kamu setiap kali ada tulisan baru. GRATIS.

[contact-form-7 id="5606ef2" title="Subcription - Side_Bar"]

Leave a Comment

17 - 10 =

Website ini menggunakan theme generatepress premium and layanan hosting di webnesia.co.id.