6 Aspek Penting Dari Sebuah Website yang Dapat Membawa Kesuksesan

Apakah website kamu sudah memberikan hasil terbaik?

Baik menawarkan produk atau layanan, Website merupakan platform penjualan kunci untuk bisnis di era internet. Website adalah salah satu hal pertama yang akan dilihat calon pelanggan saat mencari perusahaan secara online.

Sama seperti memiliki mobil, penting bagi sebuah website untuk mendapatkan perawatan rutin agar dapat memberikan hasil terbaik. Dengan perawatan dan pemeliharaan rutin, kamu dapat memastikan bahwa website kamu relevan bagi target audiens dan lebih menonjol dari pesaing.

Sayangnya, mantra “If you build it, they will come” sudah tidak berlaku untuk website atau apa pun itu dari dunia bisnis modern. Tidak mungkin hanya dengan membangun website kemudian secara ajaib orang-orang akan menemukan bisnismu.

Jika kamu tidak merawat website, membuatnya mudah digunakan, dan menjaga relevansinya bagi target audiens, maka akan berisiko kehilangan calon pelanggan potensial ke pesaing.

Dalam panduan singkat ini, kami telah menyusun enam area kunci yang sebaiknya menjadi fokus perhatian, untuk memastikan bahwa situs web beroperasi pada tingkat tertinggi.

1. Website Design

Desain website dan bagaimana tampilannya terlihat di berbagai perangkat adalah salah satu hal paling penting yang harus benar-benar perhatikan.

Istilah “Responsive Design” mungkin sudah pernah kamu dengar sebelumnya. Ini merujuk pada desain situs web yang dapat menyesuaikan ukurannya dengan layar di mana website tersebut ditampilkan.

Responsive design memastikan bahwa tidak peduli perangkat apa yang digunakan calon pelanggan saat mengunjungi website, mereka akan tetap mendapatkan pengalaman terbaik.

Mengapa ini penting?

Nah, rata-rata website bisnis akan mendapatkan 40% – 50% traffic pengunjung dari pengguna smartphone dan tablet. Angka ini bahkan bisa mencapai 80% untuk beberapa industri!

Masuk akal kah untuk (mungkin) melewatkan setengah dari clon pelanggan yang mengunjungi website kamu, hanya karena website tersebut tidak dimuat dengan baik di perangkat mereka?

Tips: Cobalah buka website kamu di smartphone dan pada perangkat tablet seperti iPad. Apakah situs web mudah digunakan tanpa perlu memperbesar? Bisakah mudah memahami pesan di website?

Seperti industri teknologi lainnya, industri desain web bergerak maju dengan cepat. Elemen desain yang merupakan ide hebat dan menarik pada tahun 2010, mungkin tidak memiliki dampak yang sama pada pengunjung website saat ini.

Penting untuk secara rutin meninjau dan menilai website untuk memastikan bahwa masih memiliki dampak pada target audiens.

Mengupdate website bisa mirip dengan mendekorasi rumah. Menyegarkan warna dinding atau pilihan furnitur dapat memiliki dampak besar pada tampilan dan nuansa rumah. Hal yang sama berlaku untuk website.

Memberikan website lapisan cat baru atau memperbarui tampilan dan nuansa membantu unutk tetap berhubungan dengan audiens dan memanfaatkan tren desain modern.

Tips: Lihatlah website kamu secara objektif, bayangkan seolah-olah kamu adalah calon pelanggan. Apakah website kamu sudah memberikan pesan yang tepat? Bagaimana perbandingannya dengan website pesaing?

2. User Experience

Seberapa mudah website kamu digunakan oleh pengunjung?

Pengalaman pengguna yang buruk adalah salah satu alasan paling umum mengapa pengunjung meninggalkan website kamu.

Pengalaman Pengguna adalah topik yang cukup luas, tetapi berikut adalah 5 hal yang seharusnya dapat dilakukan oleh pengunjung ketika mereka mencapai website:

  1. Memahami Pesan – Kamu memiliki sekitar 5 detik untuk menarik perhatian pengunjung ketika mereka datang situs web kamu. USP (Unique Selling Proposition) harus menjelaskan apa yang kamu lakukan, untuk siapa, dan mengapa pengunjung harus memilih bisnis kamu daripada pesaing. Pengunjung perlu tahu bahwa mereka berada di tempat yang tepat.
  2. Mudah Menghubungi Bisnis – Baik kamu ingin menerima pertanyaan melalui telepon, email, atau pesawat kertas yang terkonstruksi dengan baik, kamu perlu memiliki rincian kontak yang jelas dan terlihat pada halaman website.
  3. Menavigasi Situs Dengan Mudah – Navigasi pada website harus intuitif dan mudah digunakan, sehingga pengunjung dapat menjelajahi website dan meihat semua konten dengan mudah.
  4. CTA yang Jelas – Setiap halaman website harus memiliki tujuan. Jika ingin menghasilkan leads dari website, maka Panggilan Tindakan (CTA) bisa berupa formulir pertanyaan atau tombol yang mengarah ke halaman Kontak.
  5. Mengevaluasi Faktor Kepercayaan – Calon pelanggan akan menjadi seseorang yang belum sepenuhnya percaya kepada bisnis kamu. Faktor kepercayaan seperti penghargaan, afiliasi, sertifikasi, studi kasus, garansi, testimonial, dan ulasan, dapat membangun kepercayaan di mata pengunjung.
Tips: Periksa website kamu dan tinjau poin di atas. Apakah mudah digunakan oleh pengunjung?

3. Search Engine Visibility

Penting bagi sebuah website untuk muncul di mesin pencari, sehingga calon pelanggan dapat menemukannya.

Ketika kita berbicara tentang Search Engine Visibility, kita merujuk pada hasil yang ditampilkan ketika seorang calon pelanggan mengetik “kata kunci” pencarian ke mesin pencari pilihannya.

Sebagai contoh, jika kamu adalah seorang tukang bunga didaerah sidoarjo, maka kamu ingin website kamu muncul di halaman pertama dari hasil pencarian untuk “Wedding Flowers Sidoarjo”.

Ketika bisnis kamu muncul di halaman pertama, atau idealnya di beberapa hasil pertama, maka peluang untuk mendapatkan pengunjung lebih besar, terlebih pengunjung yang tertarik dengan bisnis kamu.

Dimana website kamu saat ini berada dalam peringkat Google untuk kata kucni pencarian yang terkait dengan bisnis kamu?

Tips: Buka browser web dalam mode penyamaran (incognito). Ini penting karena kita ingin menggunakan versi browser yang bersih cookies, tanpa riwayat atau preferensi pencarian, dan tanpa masuk ke akun apa pun - misalnya akun Google.

Selanjutnya, buka mesin pencari seperti Google (sesuai dengan negara – misalnya Google.com untuk Amerika Serikat, Google.co.id untuk Indonesia, dll). Di tab baru, ketik kata kunci pencarian yang terkait dengan bisnis kamu. Menggunakan contoh Florist didaerah Sidoarjo, bisa mengetikkan:

  • Florist Sidoarjo
  • Toko bunga Sidoarjo
  • Wedding Flowers Sidoarjo
  • Tukang bunga Sidoarjo
  • Buket bunga Kota Sidoarjo
  • Dan lain-lain…

Ingat, kamu dapat menggunakan singkatan dan wilayah yang relevan di dalam kota, jika sesuai. Catat hasil yang ditemukan. Untuk halaman manapun yang sudah muncul di halaman pertama hasil pencarian, artinya sudah melakukan dengan baik! Jika tidak, maka ada peluang untuk perbaikan.

4. Conversion Optimization

Conversion Optimization adalah proses usaha meningkatkan persentase pengunjung website yang melakukan tindakan tertentu – misalnya, membuat pertanyaan atau pembelian.

Tingkat konversi didefinisikan sebagai persentase.

Sebagai contoh, mari kita asumsikan bahwa website kamu menerima 5.000 pengunjung pada bulan lalu dan kamu mendapatkan 65 pertanyaan tentang layanan kamu.

Dengan rumus di atas, kita akan membagi 65 dengan 5.000, yang memberikan kita 0,013. Kami kemudian mengalikan ini dengan 100, yang memberi kita persentase: 1,3%.

Jadi, bagaimana cara meningkatkannya? Berikut adalah 5 rekomendasi yang dapat kami berikan:

  1. Noticeable phone number – Nomor telepon harus mencolok di dalam website dan mudah ditemukan oleh pengunjung. Pertimbangkan untuk menggunakan font yang lebih besar dan menempatkannya di bagian atas website, di mana pengunjung tidak perlu scroll ke bawah untuk menemukannya.
  2. Primary Call to Action – Penggunaan teks yang menarik, penawaran khusus, dan tombol yang mencolok membantu mendorong pengunjung untuk melakukan tindakan sesuai yang diinginkan, pada setiap halaman.
  3. Lead Capture Forms – Menangkap detail pengunjung website memungkinkan untuk mengikuti mereka langsung untuk menjawab pertanyaan dan memberikan lebih banyak detail tentang layanan kamu.
  4. Testimonials / Reviews – Testimoni dan ulasan adalah faktor kepercayaan penting yang membantu pengunjung percaya bahwa kamu dapat memberikan layanan hebat. Ini harus ditampilkan di beranda, halaman layanan penting, dan bahkan sebagai Studi Kasus.
  5. Online Chat / Help – Menawarkan layanan obrolan langsung memungkinkan untuk terhubung dengan pengunjung website secara real-time dan menjawab pertanyaan. Bisa uga memiliki basis pengetahuan (knowledge base) bantuan atau halaman pertanyaan yang sering diajukan.
Tips: Jika belum mengumpulkan data tentang jumlah pengunjung, kamu dapat membuat akun Google Analytics secara gratis dan mulai melacak jumlah pengunjung yang diterima website kamu.

5. Website Speed

Kesan pertama benar-benar penting. Website yang lambat akan merugikan bisnis.

Kamu memiliki sekitar 5 detik untuk menarik perhatian pengunjung website, jika tidak maka berisiko kehilangan mereka dan mereka beralih ke situs pesaing.

Memberikan pengalaman website yang cepat memungkinkan untuk membangun kepercayaan dengan pengunjung, menjaga mereka terlibat dengan konten kamu, dan membantu mereka memahami apa yang kamu lakukan.

Website speed adalah ranking factor pada mesin pencari seperti google. Website yang lebih cepat tidak hanya memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik tetapi juga bermanfaat untuk menaikkan peringkat website di mesin pencari.

Kecepatan website umumnya akan bergantung pada faktor-faktor berikut:

  1. Kualitas Hosting – Hosting yang murah dengan menawarkan layanan “unlimited” dengan harga kurang dari seharga secangkir kopi setiap bulan, tidak selalu menjadi pilihan terbaik.
  2. Ukuran Website – Ukuran elemen kode yang membentuk website, gambar yang digunakan, video, dll. Semakin kecil semakin baik di sini.
  3. Permintaan Eksternal – Idealnya, kamu ingin mencoba meminimalkan permintaan eksternal untuk konten, seperti embed konten feed Instagram atau konten Facebook. Ini dimuat terakhir di halaman dan dapat menyebabkan website dimuat lebih lambat.
  4. Optimisasi – Ada metode optimisasi yang dapat dilakukan pada tingkat website dan juga pada tingkat server (oleh penyedia hosting). Dengan teknik optimisasi yang baik,website akan dimuat lebih cepat.
Tips: Kamu dapat memeriksa seberapa cepat sebuah website dimuat dengan pergi ke situs web seperti https://gtmetrix.com atau https://tools.pingdom.com. Cukup ketikkan alamat website, pilih lokasi uji terdekat, dan mulai uji.

Jika sebuah website membutuhkan waktu lebih dari 2 detik untuk dibuka, ada ruang untuk perbaikan di sini.

6. Website Security

Meskipun tidak secara khusus terkait dengan penjualan, keamanan situs web sangat penting.

Jika situs diretas atau mengalami gangguan, maka kamu dapat kehilangan kredibilitas dengan pelanggan yang sudah ada dan calon pelanggan baru dengan cepat.

Kamu mungkin bertanya mengapa seseorang akan peduli untuk meretas website kamu di [industri] dan [lokasi], karena seharusnya mereka tidak menganggap ini penting… dan itu adalah pertanyaan yang baik untuk diajukan!

Serangan jahat terhadap website tidak hanya tentang mencuri data hari ini. Banyak serangan juga ditujukan untuk menggunakan website untuk mengirim email spam atau menambahkan konten berbahaya yang dirancang untuk meningkatkan reputasi website lain.

Apa yang bisa kamu lakukan untuk menjaga keamanan situs web? Kami merekomendasikan hal berikut:

  1. Keep your website software updated – Website kamu mungkin memiliki update reguler, perbaikan keamanan, atau pembaruan plugin yang tersedia. Biasanya dapat dikelola dan diperbarui melalui dasbor admin. Memasang pembaruan dan perbaikan keamanan membantu menjaga website terlindungi dari potensi eksploitasi dan serangan jahat.
  2. Backup your website! – Selalu menjadi ide bagus untuk memiliki back up date. Kita semua tahu seseorang yang kehilangan foto keluarga atau dokumen penting setelah komputer yang rusak. Masalah serupa juga ada untuk website. Perusahaan hosting mungkin menyediakan back-up, tetapi seharusnya kamu memiliki solusi back-up sendiri yang lebih aman.
  3. Use strong passwords – Kata sandi adalah kunci pintu untuk masuk ke situs web. Menggunakan kata sandi yang tidak aman dapat meningkatkan risiko hacker masuk dan menimbulkan kekacauan. Gunakan situs web seperti https://strongpasswordgenerator.com untuk membuat kata sandi yang kuat (huruf, angka, dan karakter khusus). Kata sandi sebaiknya diperbarui secara teratur, setidaknya setiap 3-6 bulan.
  4. Use a password manager – Di dunia modern saat ini, sudah seharusnya tidak pernah berbagi kata sandi melalui email atau metode serupa. Kamu juga akan menemukan bahwa kata sandi yang kuat bisa cukup sulit diingat! Untungnya ada alat manajer kata sandi seperti 1Password, LastPass, dan Dashlane, yang akan membantu menyimpan dan menggunakan kata sandi secara aman.
Tips: Masuk ke website kamu dan periksa apakah ada pembaruan yang perlu dilakukan. Buat catatan untuk melakukan ini setidaknya sekali setiap 2 minggu.

Ringkasan

Tentu!Berikut adalah Ringkasan enam aspek penting dari sebuah situs web yang dapat membawa kesuksesan:

1. Web Design

  • Pastikan desain responsif agar pengalaman tanpa hambatan di berbagai perangkat.
  • Secara berkala tinjau dan perbarui desain untuk tetap relevan dan menarik.
  • Evaluasi situs web secara objektif untuk sejalan dengan pesaing dan menyampaikan pesan yang tepat.

2. User Experience (UX):

  • Fokus pada kemudahan penggunaan dan navigasi situs web.
  • Pastikan pengunjung dapat dengan cepat memahami pesan dan proposisi penjualan unik (USP).
  • Sediakan panggilan tindakan yang jelas pada setiap halaman dan bangun kepercayaan melalui testimonial dan ulasan.

3. Search Engine Visibility:

  • Optimalkan situs web agar muncul di halaman pertama hasil pencarian.
  • Secara rutin periksa peringkat situs web untuk kueri pencarian yang relevan.
  • Gunakan alat seperti Google Analytics untuk melacak dan meningkatkan kinerja mesin pencari.

4. Optimization Conversion:

  • Tingkatkan persentase pengunjung yang mengambil tindakan tertentu, seperti membuat pertanyaan atau pembelian.
  • Tampilkan dengan mencolok informasi kontak dan gunakan teks yang menarik untuk panggilan tindakan.
  • Terapkan formulir pengambilan pemimpin, testimonial, dan obrolan langsung untuk meningkatkan keterlibatan pengguna dan kepercayaan.

5. Website Speed:

  • Targetkan waktu pemuatan cepat (dalam 2 detik) untuk menjaga minat pengunjung.
  • Secara rutin periksa dan optimalkan faktor-faktor yang memengaruhi kecepatan situs web, seperti kualitas hosting, ukuran situs web, dan permintaan eksternal.
  • Gunakan alat seperti GTmetrix atau Pingdom untuk menilai kecepatan situs web.

6. Website Security:

  • Tetapkan perangkat lunak situs web, plugin, dan tema agar tetap terkini untuk mengatasi kerentanan keamanan.
  • Secara rutin back-up ataucadangkan data website untuk mencegah kehilangan akibat peretasan atau masalah teknis.
  • Gunakan kata sandi yang kuat, diperbarui secara berkala, dan pertimbangkan penggunaan manajer kata sandi untuk keamanan yang lebih baik.

Dengan fokus pada enam aspek penting ini, kamudapat meningkatkan kinerja, pengalaman pengguna, dan keamanan website, yang pada akhirnya akan berkontribusi pada keseluruhan kesuksesannya.

Akhir Kata

Saya harap kamu menikmati panduan singkat ini. Dengan memusatkan perhatian pada keenam bagian yang telah dijelaskan di atas dan melakukan pemeliharaan rutin pada situs web, kamu dapat menjaga agar bisnis terus berkembang.

Saya punya beberapa tips dan ide tambahan yang akan saya kirimkan dalam beberapa hari ke depan, dengan beberapa wawasan lebih lanjut tentang topik di atas.

Jika memiliki pertanyaan sementara, atau ingin memahami lebih lanjut tentang sesuatu dalam panduan gratis kami, silakan hubungi kami.

Semoga memiliki hari yang menyenangkan ke depan!

Dapatkan notifikasi ke email kamu setiap kali ada tulisan baru. GRATIS.

    Add your first comment to this post

    Website ini menggunakan theme generatepress premium dan layanan hosting di webnesia.co.id.

    Pin It on Pinterest

    Share This