Cara Memberi Design Feedback yang Efektif Sebagai Klien

Feedback sangat penting dalam proses desain dan membantu memastikan keberhasilan pekerjaan yang mana akan memenuhi kebutuhan klien.

Panduan ini akan membantu kamu (sebagai klien) untuk bisa memberikan feedback yang efektif kepada desainer dengan cara yang sesuai dan membangun.

Proses desain akan efektif saat terjadi kolaborasi antara desainer dan klien, di mana kedua belah pihak merasa bebas untuk berbagi pemikiran dan ide mereka secara terbuka.

Proses desain biasanya akan melalui beberapa revisi (penyesuaian dan peningkatan desain). Membuat perubahan kecil di sana-sini dapat menghasilkan produk akhir yang jauh lebih baik.

Design Feedback harus jelas, ringkas, dan dapat ditindaklanjuti agar efektif. Berikut adalah lima tips tentang cara memberikan design feedback yang efektif sebagai klien:

1. Jujur

Kamu sedang membangun asset dengan seorang desainer yang akan membantu bisnis kamu mencapai tujuannya.

Hal yang perlu diingat adalah Jika kamu tidak puas dengan sesuatu, maka beritahukan desainer agar bisa untuk diperkaiki.

Menerima feedback yang jujur sejak awal akan sangat membantu designer, meskipun terdengar sulit. Hal ini bisa menghindarkan masalah/revisi yang lebih besar kedepannya.

Selain itu beritahu juga saat ada sesuatu yang kamu sukai. Hal ini akan membuat desainer memahami apa yang kamu mau dan, sebagai hasilnya, memberikan layanan yang lebih baik.

Selanjutnya, juga akan membangun kemitraan yang lebih kuat!

2. Spesifik

Hanya mengatakan “Saya tidak menyukainya.”, tidak akan banyak membantu. Akan lebih baik untuk menjelasakan hal-hal apa saja yang tidak kamu sukai.

Misal warnanya mati, atau font nya kurang cocok dengan proyek yang sedang dikerjakan. Lebih banyak feedback yang spesifik akan memberi revisi sesuai dengan kebutuhan.

3. Selalu ingin tahu

Jangan ragu untuk bertanya apa pun tentnag proyek yang sedang dikerjakan. Mereka akan dengan senang hati menjelaskan alasan mereka untuk keputusan tertentu.

Desainer yang benar-benar memikirkan hasil karya yang mereka buat akan dapat menjawab pertanyaan tentang pekerjaan mereka tanpa masalah.

Ini akan membantu kamu memahami proses dengan lebih baik dan menunjukkan kepada desainer bahwa kamu tertarik dan ingin terlibat.

4. Berani

Jangan khawatir, feedback dan pertanyaan kamu akan selalu diterima. Desainer senang mendengar mendengar masukan dan menghargai feedback kamu.

Sebagai desainer tujuan bekerja sama dengan klien adalah untuk menciptakan produk yang memenuhi kebutuhan dan menyelesaikan masalah, sekaligus menjadi portfolio baik.

Masukan dari klien sangat penting untuk menciptakan suatu karya yang luar biasa bersama.

BACA JUGA:  Visual Brand Identity

5. Realistik

Mendapatkan hasil desain yang bagus sangat penting, tetapi jangan lupa bahwa waktu desainer sama pentingnya.

Pastikan menghargai waktu mereka dengan menghormati kontrak yang sudah dibuat. Ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan:

  • Berikan umpan balik sesegera mungkin, sehingga desainer dapat membuat perubahan dan menghubungi kembali tanpa terburu-buru. Sehingga pekerjaan bisa selesai sesuai deadline.
  • Desainer mungkin memerlukan waktu untuk memproses feedback dan memasukkannya ke dalam proyek.
  • Perhatikan jumlah kesempatan feedbacks yang ada dalam kontrak, dan jujurlah jika merasa perlu lebih dari itu untuk mencapai hasil yang diinginkan.

Menjadi proaktif dan terlibat dalam proses design feedback adalah cara yang bagus untuk menciptakan hubungan yang kuat dengan desainer.

Hal ini akan cenderung menghasilkan sesuatu yang luar biasa.

Dapatkan notifikasi ke email kamu setiap kali ada tulisan baru. GRATIS.

    Add your first comment to this post

    Website ini menggunakan theme generatepress premium dan layanan hosting di webnesia.co.id.

    Pin It on Pinterest

    Share This