Content First Design

Content first design, sebuah proses di mana konten menjadi fokus utama dari proses desain. Dengan content first design, kita dapat membuat situs web atau produk yang disesuaikan dengan kebutuhan pengguna.

Dalam panduan ini, kita akan mempelajari dasar-dasar desain yang mengutamakan konten dan bagaimana hal tersebut dapat membantu Anda menciptakan produk yang sukses.

Apa itu content first design?

Content First Design adalah proses mendesain situs web berdasarkan konten yang ingin dimuat. Hal ini didasarkan pada gagasan bahwa konten adalah elemen paling penting dari desain web, karena itulah yang mendorong keterlibatan pengguna dan membantu situs mencapai tujuannya.

Dengan pendekatan ini, Anda dapat membuat situs web yang berfokus pada konten, lalu menggunakan desain untuk menciptakan pengalaman yang membantu pengunjung memahami dan berinteraksi dengan konten.

Dengan membuat desain yang mengutamakan konten, kita dapat memastikan bahwa situs web lebih menarik, mudah digunakan, dan bermanfaat bagi pengunjung.

Manfaat menerapkan metode content-first design

Metode content-first design memiliki banyak manfaat. Dengan berfokus pada konten terlebih dahulu, kita dapat memastikan bahwa struktur dan desain web disesuaikan dengan konten, sehingga memudahkan pengguna untuk menemukan informasi yang mereka butuhkan. 

Beberapa manfaat menggunakan content-first design adalah 

1. Menciptakan website yang menarik dan mudah digunakan

Pendekatan ini membantu memastikan bahwa situs web terorganisir, mudah dinavigasi, dan menyenangkan untuk digunakan.

Memungkinkan kita untuk mengkomunikasikan pesan secara efektif kepada pengguna dan membantu mereka menemukan informasi yang mereka butuhkan dengan cepat dan efisien, mendorong pengunjung untuk tinggal lebih lama.

2. Menciptakan website yang unik sesuai target audiens

Mulailah dengan memahami target audiens dan kebutuhan mereka, lalu buat konten yang menarik bagi mereka. Terakhir, gunakan konten dan preferensi target audiens tersebut sebagai pertimbangan dalam menyusun desain visualnya.

3. Menciptakan website yang mudah dipahami

Memprioritaskan konten yang paling penting di setiap halaman dan memastikan bahwa konten tersebut disajikan dengan cara yang jelas dan ringkas, sehingga membuat situs web yang mudah dinavigasi dan dipahami.

4. Menciptakan website dengan struktur yang baik

Saat kita memprioritaskan konten, kita dapat membuat struktur website yang baik sehingga memudahkan pengguna untuk menemukan apa yang mereka cari.

Tips membuat desain konten

Sering kali konten adalah salah satu hal terakhir yang masuk saat mengerjakan sebuah proyek. 

Saat mendesain konten terlebih dahulu, tempat yang baik untuk memulai adalah menyatukan semua kemungkinan konten yang mungkin masuk ke produk akhir. 

Tetapi tidak selalu jelas dari mana konten itu berasal, terutama pada tahap awal proses desain. 

BACA JUGA:  Prinsip Hirarki Visual Desain

Saya memiliki beberapa pendekatan yang dapat dilakukan ketika kamu mencoba mengumpulkan konten ini.

1. Proto-content. 

Proto-konten menggunakan konten yang mirip dengan apa yang kamu harapkan di produk akhir. Ini bukan konten yang tepat, tetapi hampir sama. Oleh karena itu disebut sebagai proto-konten. 

Proto-konten memuat informasi berharga, karena membantu desainer membuat keputusan lebih tepat, user-journey yang lebih akurat, dan meningkatkan fungsionalitas secara keseluruhan. 

Untuk mulai mengumpulkan konten proto, berikut adalah beberapa pendekatan sederhana.

  • Kamu dapat menggunakan kembali konten yang sudah ada atau yang masih draf.
  • Kamu dapat meminjam konten pesaing untuk sementara, atau
  • Kamu bisa membuat konten sampel sendiri.

2. Content audit.

Content audit adalah kegiatan memeriksa semua konten di situs web yang ada dan menyusunnya menjadi daftar besar. 

Setelah memiliki ini, kamu dapat menilai kekuatan dan kelemahan relatifnya untuk memprioritaskan kegiatan pemasaran di masa depan. 

Ini dapat dilakukan pada materi yang ada atau jika belum membuatnya, lakukan di situs web pesaing. 

Kata-kata sangat penting untuk membantu pengguna menyelesaikan tugas mereka dan dengan memikirkannya saat membuat sketsa, Desainer akan menemukan masalah lebih awal dan dapat bergerak lebih cepat di kemudian hari. 

Untuk membuat antarmuka yang paling berguna, konten tidak bisa menjadi renungan. Kata-kata saja dapat menentukan pengalaman aplikasi atau situs web, jadi selalu pertimbangkan konten terlebih dahulu.

Dapatkan notifikasi ke email kamu setiap kali ada tulisan baru. GRATIS.

    Add your first comment to this post

    Website ini menggunakan theme generatepress premium dan layanan hosting di webnesia.co.id.

    Pin It on Pinterest

    Share This