7 Elemen Penting Untuk Desain Web Berkualitas

Mungkin kamu pernah mendengar tentang pentingnya web berkualitas. Namun sulit untuk menentukan apa yang membuat sebuah web “berkualitas”.

Dalam postingan ini, kita akan melihat 7 elemen penting dari desain web berkualitas. Dengan ini, kamu diharapkan bisa membuat situs web yang tidak hanya terlihat bagus, tetapi juga berkonversi.

1. Buat website yang sesuai dengan bisnis

Kita semua tahu bahwa orang menilai sesuatu dari tampilannya. Desain web memiliki pengaruh yang besar terhadap penilaian orang terhadap pelayanan dan bisnis itu sendiri.

Jika kamu memiliki brand yang mapan, mempertahankan persepsi tersebut kedalam website akan membangun kepercayaan audiens terhadap bisnis.

Desain sederhana dan modern seringkali menjadi pilihan. Desain yang ramai seringkali menggangu perhatian dan mengurangi peluang terjadinya konversi.

Desain website akan membentuk cara pengunjung berinteraksi dengan website dan tindakan yang akan mereka ambil.

2. Homepage yang sederhana

Entah kamu menggunakan SEO atau PPC, kamu biasanya akan mengarahkan mereka ke homepage agar mereka mempelajari bisnis kamu.

Hompage adalah representasi awal dari bisnis kamu. Homepage harus memiliki elemen yang akan membuat audiens tertarik. Penting untuk mendesain hompage yang sederhana namun efektif.

Dari sini pengunjung akan mulai memperlajari bisnis kamu. Kamu tidak ingin membanjiri pengunjung dengan banyak informasi yang tidak terlalu penting.

Dengan membuat hompage yang sederhana, kamu bisa membuat audiens untuk berinteraksi lebih lama dengan situs.

3. Navigasi yang mudah

Saat pengguna mengunjungi website kamu, mereka ingin mengaksesnya secara cepat dan mudah. Jika kamu ingin mereka tetap berada disana, kamu perlu navigasi yang mudah digunakan.

Pengunjung tidak ingin merasa kesulitan untuk mendapatkan informasi. Mereka mengakses navigation bar dan ingin langsung mengarah ke informasi yang mereka butuhkan.

Jika navigasi website kamu jelek, pengguna tidak akan melihat informasi penting didalam website. Karena mereka akan segera mencari di website lain.

Sekarang waktu perhatian manusia sangat sedikit. Jika kamu ingin mereka tinggal lebih lama, kamu harus membantu mereka untuk menemukan informasi dengan cepat.

Navigasi yang dibuat dengan baik akan membantu mereka mendapatkan informasi yang mereka butuhkan dengan lebih cepat.

Navigasi harus sederhana dan jelas. Sertakan judul yang meliputi banyak topik, sehingga pengunjung lebih mudah dan cepat untuk menenemukan informasi yang dibutuhkan.

4. Responsive design

Dengan pertumbuhan perangkat mobile, responsive design sekarang menjadi lebih penting. Pengguna akan mengakses website dari banyak perangkat, termasuk smartphone, tablets, dan dekstop.

Desain web kamu akan beradaptasi dengan perangkat, memastikan ukuran yang tepat untuk ditampilakan. Jika ingin memiliki website berkualitas responsive design adalah hal wajib untuk diterapkan.

BACA JUGA:  Pentingnya Menggunakan Foto Dan Gambar Pada Desain

Responsive design memastikan pengguna untuk mendapatkan pengalaman terbaik terlepas dari perangkat yang mereka gunakan. Ini akan menjaga pengunjung merasa betah di situs kamu.

5. Style guide

Salah satu alasan web design begitu penting adalah menciptakan konsistensi di seluruh website. Konsistensi membantu audiens mengenal brand dan lebih mudah saat mengakses web kamu.

Style guide akan menjadi dasar untuk tampilan website yang akan dibuat. Seperti warna, format, tipogafi, dan lainnya untuk setiap halaman didalam website.

Style guide akan memastikan bahwa setiap elemen di seluruh halaman website konsisten. Hal ini memudahkan orang lain dalam tim untuk mengerjakan web dan menambahkan elemen ke dalamnya.

Saat website memiliki desain yang konsisten, maka akan terlihat lebih kohesif. Memudahkan audiens mengenali brand, yang akhirnya akan membantu menghasilkan lebih banyak konversi.

6. Visual yang memiliki tujuan

Kamu mungkin berpikir bahwa memasukkan banyak gambar dan video dalam website itu bagus. Faktanya, manusia 10 kali lebih mungkin berinteraksi dengan video daripada teks.

Namu terlalu banyak gambar akan membuat website berantakan, sulit dibaca, dan pembaca merasa kewalahan dalam menyerap informasi.

Untuk mendapatkan situs berkualitas perlu mencipatakan keseimbangan antara gambar dan teks. Jangan menambahkan visual elemen hanya untuk berharap meningkatkan interaksi.

Gunakan gambar dan video untuk memperjelas topik yang sedang dibahas (teks). Ini akan lebih membuat pengguna berinteraksi dan betah di situs kamu.

Pentinguntuk tidak membebani website kamu dengan terlalu banyak elemen visual. Perlu membuat keputusan yang lebih bijaksana untuk menghasilkan situs berkualitas.

7. Konten yang berkualitas

Audiens mengunjungi website kamu untuk mendapatkan informasi yang berkualitas. Penting untuk setiap isi artikel dalam situs kamu ditulis dengan baik.

Tulisan berkualitas membuat pengunjung betah berlama-lama. Mereka akan membaca semua informasi dan belajar tentang bisnis kamu.

Gaya penulisan harus selaras dengan brand. Konten sama pentingnya dengan keseluruhan desain, jadi penting untuk memberikan informasi berharga yang dibutuhkan audiens.

8. Perhatikan readibility

Elemen penting ini sering diabaikan. Kamu mungkin memiliki banyak informasi bagus unuk dibagikan, namun jika sulit dibaca maka akan menghambat terserapnya informasi.

Sangat penting bagi pengunjung untuk bisa dengan mudah menyerap informasi dari website kamu. Pertama pastikan warna cukup kontras antara background dan teks.

Pilih font yang bersih, sederhana dan mudah dibaca. Selain itu gunakan font tidak lebih dari 3 jenis, terlalu banyak jenis font akan terlihat berantakan dan tidak menarik.

9. Mudah untuk skimming

BACA JUGA:  Pengenalan Web Design

Banyak pengunjung yang hanya mencari informasi spesifik, sehingga mereka akan melakukan skimming untuk cepat menemukannya. terutama bagi pengguna mobile.

Untuk memberi pengalaman yang positif, berikut beberapa hal yang bisa dilakukan,

  • Buat paragraf tidak lebih dari 4 baris.
  • Gunakan elemen grafis untuk informasi yang penting.
Memudahkan pengunjung mendapatkan informasi terpenting yang mereka butuhkan, bisa membantu mereka melakukan tindakan yang berujung konversi.

10. Call-to-action (CTA) buttons

Saat ada pengunjung, kamu ingin mereka untuk melakukan konversi. Elemen kunci untuk itu adalah Call-to-action (CTA) button. Bukti web design yang berkualitas adalah terjadinya konversi.

Call-to-action (CTA) button yang bagus akan memandu pengguna menuju konversi. Tombol CTA didesain lebih menonjol agar pengguna bisa langsung menyadarinya.

Jika memiliki skema warna Navy, putih, abu-abu, dan kuning, maka tombol CTA kuning akan menonjol di halaman dibandingkan dengan warna lainnya.

Masih sesuai dengan skema, tapi orang otomatis akan tertarik ke arah tombol kuning terang. Dengan memasukkan tombol CTA kamu akan mendorong konversi yang lebih baik.

11. Page speed

Boleh saja tampilan website kamu sangat bagus, tapi itu tidak akan berguna jika tidak ada orang yang melihatnya. Page speed adalah elemen penting dari website.

Memastikan halaman dimuat dengan cepat, sehingga audiens dapat mengakses informasi dengan cepat pula.

Orang-orang benci menunggu, Jika halaman terlalu lama termuat, pengunjung akan kehilangan minat. Dan mereka memilih untuk mengunjungi website pesaing.

Kamu bisa memeriksa kecepatan halaman menggunakan Google PageSpeed ​​Insights. Lihat seberapa cepat situs dimuat dan apa saja yang perlu perbaikan.

Dapatkan notifikasi ke email kamu setiap kali ada tulisan baru. GRATIS.

    Add your first comment to this post

    Website ini menggunakan theme generatepress premium dan layanan hosting di webnesia.co.id.

    Pin It on Pinterest

    Share This