Pengenalan Web Design

Desain web telah berkembang pesat dengan jumlah situs web lebih dari satu miliar saat ini, industri ini akan tetap ada, dan terus berkembang seiring kemajuan teknologi.

Untuk mempelajari web design, pertama-tama penting untuk memahami peran desain web dan berbagai konsep serta elemen yang terlibat.

1. Apa itu Web design

Web design mengacu pada tampilan situs web yang ada di internet. Selain aspek visual biasanya juga berhubungan dengan pengalaman pengguna saat menjelajahi website.

Seorang desainer web bertanggung jawab atas keseluruhan tampilan, tata letak, dan terkadang bahkan konten situs web. Ini melibatkan perencanaan dan pengaturan konten dengan cara yang mudah dinavigasi dan dipahami.

Untuk tampilan akan berhubungan dengan warna, font gambar dan sebagainya. Sedangkan layout berhubungan dengan cara informasi akan diatur dan disajikan.

Web design yang baik adalah yang mudah digunakan, cepat dimuat, terlihat menarik, teroptimasi untuk mesin pencari, dan sesuai dengan kebutuhan.

Banyak halaman web didesain dengan fokus pada kesederhanaan dan kemudahan penggunaan, sehingga pengguna tidak terganggu atau bingung oleh informasi atau fungsi yang tidak relevan.

2. Web design vs. website development

Memperjelas perbedaan antara web design dan web development. Meskipun keduanya terkait erat, namun sering disalahartikan satu sama lain.

Web design adalah tentang menciptakan pengalaman visual bagi pengunjung situs web. Mencakup tampilan dan tata letak bahkan konten.

Web development adalah proses membangun dan memelihara struktur website yang melibatkan sistem pengkodean agar situs web berjalan dengan lancar.

3. Web design tools

Seorang desainer web, memerlukan beberapa tools untuk membantu merancang dan membuat situs web. Tools ini akan ditentukan oleh jenis situs web yang ingin dibuat, dan tahap dalam proses desain.

Berikut adalah beberapa pertanyaan yang akan membantu saat akan memilih tools yang perlu digunakan:

  • Seberapa besar tim kamu?
  • Berapa anggaran yang disediakan?
  • Persyaratan teknis apa yang dibutuhkan situs?
  • Apa estetika keseluruhan yang ingin dicapai?
  • Apa tujuan situs web?

Website Builder atau CMS – adalah solusi yang bagus jika tidak tebiasa dengan koding. Dengan CMS, kita dapat membuat situs web dengan cepat dan mudah dengan berbagai template siap pakai.

Bagi yang baru mengenal desain web, CMS menyediakan fondasi yang luar biasa. WordPress misalnya sudah tersedia pagebuilder yang dapat dengan mudah disesuaikan dengan kebutuhan visual dan fungsional.

Software design seperti Figma, Photoshop, dan Sketch memudahkan pembuatan gambar rangka, fitur khusus, dan elemen desain. Dengan tools kita lebih leluasa dalam mengeksplor kreativitas.

BACA JUGA:  Redesign Website

Selain itu kita desainer berkolaborasi dengan developer dengan adanya fitur hand-off. Namun hasil desain dari software ini masih perlu dikonversi menjadi koding sebelum menjadi website.

Untuk yang sudah terbiasa dengan koding terdapat banyak framework yang bisa digunakan seperti laravel, CodeIgniter, VueJs, ReactJs dll.

4. Principles of design

Untuk membuat web design yang baik ada pedoman dan aturan yang bisa diikuti. Sebuah kerangka teori yang dikembangkan untuk membantu desainer mencapai hasil yang baik.

Menerapkan prinsip desain akan menciptakan visual yang harmonis dan enak dilihat. Selain itu memudahkan pengguna dalam memahami pesan yang disampaikan.

Ini bukanlah aturan yang harus diikuti, melainkan panduan untuk menerapkan berbagai elemen dalam web design. Setelah memahami tujuan desain web, kita dapat mengubah pendekatannya dengan sentuhan yang lebih kreatif.

“learn the rules like a pro, so you can break them like an artist”

– Picasso

Web design yang baik

Pedoman dan standar yang telah dikembangkan sangat membantu untuk web designer. Aturan itu penting dan harus diikuti, tetapi penting juga untuk terlebih dulu memahami alasan aturan tersebut dibuat.

Situs web sering dikembangkan dari satu perspektif tertentu. Beberapa situs berorientasi pada teknologi sehingga mungkin tidak dapat diakses oleh orang-orang tanpa browser terbaru.

Website lain hanya berfokus pada konten yang dapat membuat website tersebut terasa membosankan. Dan sisanya mungkin lebih berorientasi visual, penggunaan grafis yang berlebihan akibatnya situs menjadi lambat.

Usability

Bagaimanapun sebuah website seharusnya mementingkan pengguna (user-oriented), tanpa mengabaikan faktor teknologi dan visual. Usability merupakan bagian penting dalam berhasilnya sebuah website, yang mana membantu pengguna mencapai tujuan mereka.

Memenuhi kebutuhan dan harapan pengguna adalah fokus penting dari user-oriented design, meskipun tidak mudah untuk mencapai keseimbangan yang baik antara keinginan desainer dan kebutuhan pengguna. 

Selalu penting untuk diingat bahwa desainer bukanlah pengguna dan pengguna bukanlah desainer. Desainer web harus memiliki pemahaman yang kuat tentang media dan penggunanya.

Kunci untuk membuat situs web yang sukses adalah memiliki pemahaman yang kuat tentang semua faktor berbeda yang memengaruhi web design dan bagaimana menyeimbangkannya secara efektif.

Dapatkan notifikasi ke email kamu setiap kali ada tulisan baru. GRATIS.

    Add your first comment to this post

    Website ini menggunakan theme generatepress premium dan layanan hosting di webnesia.co.id.

    Pin It on Pinterest

    Share This