Belajar Memahami Alur Cara Kerja SEO. Newbie Harus Paham Ini

Bagi kamu yang sudah tahu jawaban dari pertanyaan apa itu SEO, manfaat seo, dan alasan pentingnya seo bagi bisnis online maka akan muncul pertanyaan lanjutan bagaimana alur cara kerja seo? Nyatanya saat ini marketing online mampu meningkatkan penjualan para pelaku usaha. Apalagi dari sekian banyak strategi marketing online, SEO merupakan teknik yang paling tua dan awet sehingga sangat penting untuk bisnis jangka panjang.

Belajar SEO memang susah-susah gampang, untuk melakukannya perlu disertai bumbu-bumbu optimasi agar disukai oleh mesin pencari google. Agar lebih jelas begini tahapan cara kerja SEO secara sederhana.

Alur cara kerja SEO

1. Onpage SEO

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah memutuskan ide niche website yang ingin dibuat, kemudian riset dan mengumpulkan keyword. Dilanjut memilih nama domain yang cocok untuk bisnis yang ingin dibangun.

Install wordpress, pesiapkan theme dan plugin-plugin yang dibutuhkan. Buat halaman yang wajib ada di sebuah website seperti about us, contact us, privacy policy, discaimer, terms and conditions, DMCA dll.

Membuat atau membeli artikel berkualitas dari setiap keyword yang sudah dikumpulkan. Terakhir posting artikel tersebut ke blog.

Dalam proses diatas kamu akan melakukan berbagai optimasi onpage SEO.

Langkah selanjunya adalah menunggu google bot merayapi website anda hingga  konten blog terindex oleh google.

2. Offpage SEO

Sebenarnya google melarang pemilik web secara sengaja melakukan optimasi offpage SEO. Karena google berharap optimasi offpage ini terjadi secara natural, tanpa paksaan atau bayaran.

Pertama yang perlu disiapkan untuk optimasi offpage SEO adalah sumber backlink. Sumber backlink yang baik salah satunya adalah contextual link dofollow dari website yang relevan dan ber autority tinggi. Biasa didapat dari PBN ataupun FBN, selain itu juga bisa membeli ke  jasa penyedia backlink berkualitas.

Setelah itu dilakukan strategi linkbuilding dan social media signal.

Optimasi onpage SEO dan offpage ini harus dilakukan secara terus-menerus dalam rentang waktu tertentu hingga website yang dioptimasi mendapatkan traffic yang stabil.

Proses SEO memang lama, butuh kesabaran dan kegigihan. Namun seperti kata bijak di buku SIDU “easy come, easy go” begitupun sebaliknya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

LeadPress Wordpress Theme By WPBisnis.