Menjadwalkan Kunjungan Pasien Secara Otomatis di Website

Apakah kamu masih menggunakan cara lama untuk membuat jadwal kunjungan dengan dokter?

Kalau iya, kamu harus mencoba cara yang lebih baik!

Salah satu masalah besar dengan cara lama membuat jadwal kunjungan dengan dokter adalah kita harus menelepon dan menunggu berhari-hari atau bahkan berminggu-minggu untuk tahu apakah kita bisa dapat jadwal kunjungan. Ini sangat membuang waktu dan bisa berbahaya bagi pasien yang membutuhkan perhatian darurat.

Jadi, kita harus membuat sistem jadwal kunjungan dokter yang lebih modern. Dengan begitu, kita bisa membuat layanan kesehatan yang lebih cepat, nyaman, dan mudah diakses baik untuk dokter maupun pasien.

Tertarik?

Mari kita mulai!

Keuntungan dari sistem penjadwalan otomatis

Sistem jadwal kunjungan dokter otomatis membuat proses memesan jadwal kunjungan menjadi mudah, nyaman, dan dapat diakses oleh baik penyedia layanan kesehatan maupun pasien.

Dengan sistem ini, pasien dapat melihat jadwal dokter yang tersedia secara langsung dan memesan jadwal kunjungan dengan cepat.

Mari kita lihat beberapa manfaat besar menggunakan sistem jadwal kunjungan dokter otomatis untuk industri kesehatan dan pasien:

  • Membuat jadwal kunjungan online memastikan pasien tidak perlu menunggu lama untuk bertemu dokter. Sistem ini memperbarui ketersediaan jadwal secara langsung dan dapat diakses 24 jam sehari, 7 hari seminggu.
  • Dengan memantau jadwal pertemuan yang telah dijadwalkan, pelayanan kesehatan dapat meningkatkan efisiensi layanan dan perawatan mereka.
  • Sistem ini juga membantu mengurangi tugas administratif yang dilakukan oleh staf, seperti menerima panggilan telepon, membalas email, dan mengirim SMS. Dengan demikian, staf dapat fokus pada tugas lainnya dan meningkatkan produktivitas tim.
  • Kirimkan konfirmasi dan pengingat jadwal kunjungan secara otomatis kepada pasien dapat mengurangi kemungkinan pembatalan atau tidak hadir.
  • Pengalaman membuat jadwal kunjungan yang mudah dan nyaman membuat pasien senang dan meningkatkan kepuasan pelanggan.
  • Data analitik dari software jadwal kunjungan ini memberikan informasi tentang perilaku pasien, tren jadwal kunjungan, dan hasil booking, sehingga memungkinkan pengambilan keputusan yang berbasis data untuk pemasaran, harga, dan promosi di masa depan.

Mengapa kamu harus menggunakan sistem pemesanan otomatis? Karena itu sangat penting! Dengan sistem ini, kamu dan pasien akan mendapatkan banyak keuntungan. Contohnya, kamu akan lebih efisien waktu dan tenaga, serta pasien akan lebih mudah membuat jadwal kunjungan dan tidak perlu menunggu lama.

Membuat sistem jadwal kunungan dokter otomatis di website wordPress

Membuat sistem jadwal kunjungan yang otomatis akan membuat pekerjaan lebih efisien, membuat pengalaman memesan lebih nyaman dan mudah diakses, serta meningkatkan reputasi dokter atau penyedia layanan kesehatan.

Jika kamu menyediakan jasa pribadi atau menjalankan layanan kesehatan di website WordPress, kamumungkin bertanya-tanya bagaimana cara membuat website kamu menjadi sistem jadwal yang berfungsi untuk membuat jadwal kunjungan pasien secara otomatis.

Tidak perlu khawatir lagi!

FluentBooking adalah plugin terbaik untuk membuat kalender jadwal yang otomatis dan meningkatkan pengalaman memesan pasien.

Mari kita temukan bagaimana cara dapat menggunakan FluentBooking untuk membuat jadwal tersedia dan mengelola pasien dengan lebih efisien!

Menetapkan ketersediaan kamu.

Langkah pertama adalah mengatur waktu kerja kamu di FluentBooking. Ini berarti kamu harus memilih jam dan hari dalam seminggu ketika siap untuk menolong pasien.

Mengatur kalender booking sangat mudah dan tidak memerlukan kemampuan teknis apa pun.

Bagaimana caranya?

Pergi ke menu Kalender dan klik ‘Add New Host’ untuk membuat kalender booking kamu sendiri.

Kamu akan diminta memilih siapa yang akan menjadi pengawas pertemuan dan jenis bukuannya. Jadi, pilih dokter yang akan merawat pasien dan pilih jenis bukuannya sebagai Satu-Satu. Ini berarti hanya dokter itu yang akan bertemu dengan pasien.

Selanjutnya, kamu perlu mengisi informasi penting di bawah ‘Butiran Acara’:

  • Event name: Tulis nama acara yang akan diadakan.
  • Meeting duration: Berapa lama kita akan bertemu dengan pasien? Pilih salah satu pilihan waktu yang sudah ada atau buat waktu sendiri.
  • Description: Tulis sedikit tentang apa yang akan dibahas dalam pertemuan ini.
  • Location: Di mana kita akan bertemu? Kita bisa memilih lokasi fisik atau menggunakan Google Meet, Zoom, atau MS Teams untuk bertemu online.
  • Time zone: Pilih zona waktu yang sesuai dengan lokasi kita dan klik ‘Lanjut’.

Kemudian, kamu perlu memilih ketersediaanmu berdasarkan jam-jam yang kamu miliki dalam sehari dan hari-hari dalam seminggu. Misalnya, kamu bisa memilih jam 9 pagi sampai 12 siang pada hari Senin, atau jam 2 sore sampai 4 sore pada hari Rabu. Setelah itu, klik ‘Lanjut’

Setelah itu, jendela baru akan muncul di mana kamu dapat meninjau pilihanmu dan mengubah pengaturan pertemuan jika perlu.

Kemudian, klik pada Simpan Perubahan dan kamu akan menemukan kalender pemesanan di bawah Kalender seperti ini –

Jika kamu memiliki jadwal yang berbeda pada hari tertentu, kamu dapat menggunakan ‘Date Overrides’ untuk mengatur waktu yang tersedia. Misalnya, pada tanggal 18 Desember, kamu hanya dapat bekerja dari jam 9 pagi sampai 11 pagi dan dari jam 3 sore sampai 5 sore.

Untuk mengubah jadwal ini, kamu perlu pergi ke ‘Ketersediaan’ > ‘Tambahkan tanggal override’, lalu atur waktu yang kamu inginkan dan klik ‘Terapkan’ dan ‘Simpan Perubahan’.

Jika kamu ingin membuat jadwal yang lebih baik, kamu dapat menambahkan waktu luang, membatasi berapa kali orang dapat memesan, dan membuat waktu yang lebih spesifik untuk tiap pesanan.

Pergi ke Kalender > Edit > Batasan, lalu atur waktu luang yang kamu inginkan, berapa kali orang dapat memesan, dan berapa lama tiap pesanan. Jangan lupa klik ‘Simpan Perubahan’ ketika kamu selesai!

Akhirnya, kamu bisa membuat halaman pemesanan online yang siap digunakan! Jika kamu mengatur semuanya dengan benar, maka halaman pemesanan online kamu akan terlihat seperti ini kepada pengunjung.

Tapi, jika kamu ingin membuat halaman pemesanan online kamu lebih keren dan sesuai dengan keinginan kamu, maka kamu bisa melakukan kostumisasi juga!

Email konfirmasi jadwal kunjungan

Ketika pasien membuat jadwal kunjungan dengan dokter, itu penting untuk memberitahu mereka bahwa jadwal kunjungan sudah terkonfirmasi. Jadi, jika pasien membuat jadwal kunjungan, FluentBooking akan mengirimkan email konfirmasi otomatis ke dokter dan pasien tersebut. Ini seperti sebuah pesan yang mengatakan ‘ jadwal kunjungan sudah terkonfirmasi!

Dengan adanya sistem ini, dokter tidak perlu lagi mengirimkan email konfirmasi satu persatu kepada pasien setelah membuat jadwal kunjungan. Ini akan menghemat waktu dan tenaga.

Email otomatis ini juga akan berfungsi sebagai pengingat bagi pasien bahwa mereka telah membuat jadwal kunjungan dan memastikan bahwa jadwal kunjungan mereka telah dikonfirmasi.

Kirim pengingat sebelum hari kunjungan

Kamu tidak ingin seseorang tidak datang atau membatalkan jadwal kunjungan pada menit terakhir, karena itu akan membuat kita rugi dan membuang waktu serta sumber daya. Tapi tenang, dengan FluentBooking, kamu tidak perlu khawatir lagi!

Cara mengatasinya adalah dengan masuk ke bagian Kalender > Edit > Pemberitahuan Email, lalu pastikan kamu mencentang kotak ‘Kirim pengingat lewat email’ kepada penyelenggara acara dan peserta. Dengan begitu, mereka akan mendapat pengingat tentang acara tersebut dan tidak lupa untuk datang!

Maka kamu tidak perlu khawatir lagi tentang lupa jadwal kunjungan atau tidak hadir tanpa kabar!

Buat pasien merasa senang dan nyaman

Perawatan kesehatan bukanlah hak istimewa, tapi hak asasi manusia yang harus diakses oleh semua orang. Jika kamu memberikan layanan kesehatan kepada orang lain, maka kamu harus membuat perjalanan mereka menjadi lebih mudah dan menyenangkan.

Dengan menggunakan sistem pemesanan dokter otomatis di fasilitas kesehatanmu, kamu dapat membuat layananmu menjadi lebih efisien, responsif, dan nyaman bagi pasien.

Kami berharap artikel ini dapat membantumu menerapkan sistem pemesanan dokter otomatis dengan FluentBooking, sehingga pasienmu dapat memiliki pengalaman pemesanan yang menyenangkan.

Views: 0

Dapatkan notifikasi ke email kamu setiap kali ada tulisan baru. GRATIS.

[contact-form-7 id="5606ef2" title="Subcription - Side_Bar"]

Leave a Comment

7 + 17 =

Website ini menggunakan theme generatepress premium and layanan hosting di webnesia.co.id.