Karakteristik Logo Yang Baik

Logo adalah salah satu bagian utama dari brand identity. Kalau suatu brand mempunyai logo yang bagus, pasti brand tersebut sangat mudah dikenali dan diingat oleh customer.

Seperti apa karakteristik dari logo yang bagus?

Mengandung Filosofi

Logo harus menggambarkan mission statement, value, target audiens, dan style dari brand yang kamu representasikan.

Ini bukan berarti sebuah logo harus memiliki makna filosofis simbolik yang sangat lengkap, karena value dari sebuah brand bisa juga terpancar saat diturunkan dalam bentuk collaterals lain dan media promosi lainnya.

Sebelum mulai mendesain logo designer harus banget melakukan banyak riset, baik mengenai brand yang kerjakan, market, maupun target customer.

Logo juga tidak harus menggambarkan apa yang brand tersebut tawarkan atau jual secara literal. Misalnya Apple inc. dengan logo buah apel.

Logo apel sebenernya sangat tidak berhubungan dengan apa yang mereka jual. Namun karena filosofi yang kuat dibalik logo itu, maka logo apple bisa tetap sejalan dengan misi dari brand.

Balance

Tidak semua logo membutuhkan tulisan dan tidak semua logo membutuhkan elemen grafis.

Logo yang bagus adalah logo yang bisa menemukan keseimbangan antara penggunaan tulisan, dengan elemen grafis atau keduanya.

Contoh logo yang hanya menggunakan logotype yaitu Google, Disney, FedEx, Sony, Coca-cola.

Contoh logo yang hanya menggunakan logomark yaitu Apple, Pepsi, McDonald, Nike, Star Bucks.

Contoh logo yang menggunakan logotype dan logomark yaitu Adidas, Puma, Burger King, Amazon.

Unik

Unik sendiri maksudnya menjadi yang pertama dalam konsep logonya. Ini berarti logo yang dibuat murni dari ide sendiri, serta tidak meniru dari logo orang.

Contohnya adalah logo apple, yang mana logo tersebut terkesan simple dan juga unik, karena hanya logo apple yang membuat konsep logo seperti itu.

Mudah Diingat

Jika kita berupaya untuk membangun brand yang kuat, maka apapun yang berhubungan dengan perusahaan kita harus mudah diingat masyarakat, termasuk logo.

Usahakan logo kita bisa menarik perhatian masyarakat di pandangan pertama, setelah itu dilain waktu mereka akan mudah menebak bahwa itu logo kita.

Pasti ingat dengan logo Apple kan? Iya, logo yang sangat mudah dikenal di dunia. Tanpa tulisan Apple pun kta sudah bisa menebak bahwa itu logo Apple.

Mudah Diaplikasikan

Logo yang baik adalah logo yang dapat di-resize ke ukuran apa pun tanpa menurunkan kualitasnya.

Perlu diingat bahwa logo kamu buat kemungkinan harus diaplikasikan ke banyak medium yang berbeda seperti kaos, dan lain-lain.

BACA JUGA:  Jenis Lisensi dalam Desain Grafis

Usahakan logo kamu tetap baik ketika di aplikasikan ke berbagai medium. Gunakan format vector untuk menghindari gambar pecah ketika di-resize.

Bersifat Timeless

Sebuah logo yang baik tentunya akan mudah diingat banyak orang dan tidak akan tergerus oleh zaman.

Jika prinsip memorable (mudah diingat) sudah kamu terapkan di desain logo yang kamu buat, tentunya prinsip yang satu ini pun pasti dapat tercapai.

Contohnya adalah logo milik Coca-Cola yang memiliki karakter khas pada font, yang sudah ada sejak tahun tahun 1885, dan masih digunakan hingga saat ini.

Bisa dibandingkan dengan perubahan logo brand saingannya ‘Pepsi’ yang sering mengalami perubahan tiap beberapa tahunnya, sedangkan Coca-Cola tetap konsisten dengan logo berwarna merah dan jenis font yang khas.

Dapatkan notifikasi ke email kamu setiap kali ada tulisan baru. GRATIS.

    Add your first comment to this post

    Website ini menggunakan theme generatepress premium dan layanan hosting di webnesia.co.id.

    Pin It on Pinterest

    Share This