Spesialisasi Dalam Desain Grafis

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi ke era digital yang membuat industri kreatif selalu berinovasi. Salah satu yang terdampak adalah desain grafis.

Tidak hanya membuat sebuah flyer atau banner, pekerjaan desainer grafis menjadi sangat luas. Saat ini desain grafis memiliki spesialisasi nya sendiri.

Spesialisasi Dalam Desain Grafis

Ada beberapa jenis spesialisasi dalam desain grafis biasanya disebut juga sebagian design niche. Kadang mereka bisa digabungkan tapi masing-masing tetap butuh skill dan teknik yang berbeda-beda.

1. Brand identity graphic design

Brand identity adalah elemen-elemen visual yang berperan sebagai face of the brand atau wajah dari suatu brand yang berfungsi untuk mengkomunikasikan brand value melalui elemen-elemen grafis.

Brand identity harus menggambarkan value dari brand tersebut salah satu brand yang identitasnya sangat kuat yaitu Apple.

Saat kamu mendengar kata “Apple” Apa yang pertama kali kamu bayangkan?

Mungkin design produk-produknya yang indah dan inovasinya terdepan tentu Citra yang melekat di audience. Itu adalah hasil dari bertahun-tahun proses branding yang tidak lepas dari bantuan desain grafis yang efektif.

Tentang brand identity design kamu bisa membacanya di artikel https://taiciken.com/desain/visual-brand-identity.

2. Marketing advertising graphic design

Desain grafis sangat erat kaiannya dengan dunia periklanan. Saat ini hampir tidak ada kampanye iklan yang tidak menggunakan desain grafis, sebut saja poster Billboard atau iklan di majalah.

Brand sangat tergantung kepada marketing. Salah satunya dalam membuat iklan untuk mempengaruhi target audience mereka agar membeli produk atau memakai jasa mereka.

Karena manusia biasanya lebih tertarik dengan konten visual, desain grafis dalam marketing dan iklan menjadi elemen yang sangat penting

Banyak yang Advertising Agency di dunia yang jadi terkenal atau menang award karena desain-desain iklannya yang menarik dan berhasil. Contohnya Agency JWT salah satu karya dari agensi ini adalah “Have a break, have a kitkat”.

Ingat dengan iklan ini? Dengan konsep yang kuat dibantu dengan tagline yang cantik, serta desain visual yang memorable, campaign ini bisa jadi sangat terkenal dan abadi sampai hari ini.

3. User interface graphic design

Ini adalah salah satu jenis spesialisasi desain grafis yang sedang marak tahun belakangan ini. User interface atau UI merupakan tampilan grafis pada website atau aplikasi yang berhubungan langsung dengan pengguna (user).

UI sendiri harus mempunyai desain yang baik sehingga mudah digunakan oleh usernya. Tujuannya membuat interaksi pengguna sesederhana dan seefisien mungkin.

4. Publication graphic design

Desain buku majalah atau apapun yang berbentuk tulisan longform dan didistribusikan secara publik dapat dikategorikan sebagai publikasi.

BACA JUGA:  Redesign Website

Desain publikasi ini mulai dari desain cover hingga isinya. Tidak hanya melalui media cetak kini digital publication seperti digital magazine juga sedang marak-maraknya.

5. Packaging graphic design

Kebanyakan produk membutuhkan suatu packaging untuk melindungi produk tersebut, memudahkan penyimpanan, distribusi, dan juga penjualan.

Tapi diluar itu, packaging juga berfungsi untuk berkomunikasi dengan konsumen. Sehingga packaging sebenarnya juga merupakan sebuah marketing tool.

Setiap box botol dan kaleng bisa menceritakan tentang identitas suatu brand.

6. Pattern graphic design

Ini adalah spesialisasi membuat pattern atau motif. Biasanya pattern yang dibuat bisa digunakan untuk berbagai produk mulai dari packaging sampai produk fashion seperti pakaian.

Untuk menjadi pattern designer kamu harus mempunyai kemampuan ilustrasi dan punya pemahaman yang kuat tentang color teori.

7. Motion graphic design

Kamu pernah lihat gift atau title sequence di awal film? Itu adalah salah satu bentuk dari motion grafik.

Singkatnya motion graphic design adalah elemen-elemen grafis yang dibuat bergerak, bisa termasuk animasi audio video dan efek-efek yang lain.

Kira-kira spesialisasi apa yang ingin kamuu pilih dalam karir sebagai graphic designer?

Mungkin kamu belum memutuskan atau masih ada dalam tahap pencarian, perlu dicatat bahwa spesialisasi itu lumayan penting dalam desain grafis.

Spesialisasi atau mengkhususkan diri bertujuan untuk menghasilkan tingkat keterampilan yang lebih tinggi dan akan memudahkan kita untuk menjadi ahli serta bisa diandalkan dalam jenis desain tertentu.

Pada akhirnya spesialisasi akan menghasilkan lebih banyak pekerjaan dalam jangka panjang khususnya.

Dapatkan notifikasi ke email kamu setiap kali ada tulisan baru. GRATIS.

    Add your first comment to this post

    Website ini menggunakan theme generatepress premium dan layanan hosting di webnesia.co.id.

    Pin It on Pinterest

    Share This